Cara Bikin Anak Doyan Makan

Cara gampang bikin anak doyan makan. Ketika bayi tumbuh menjadi anak usia 1-3 tahun, mereka harus sepenuhnya terintegrasi ke makanan keluarga. Meskipun untuk sementara waktu mungkin mereka masih perlu bantuan untuk memotong makanan menjadi potongan-potongan kecil.  Satu hal yang perlu diperhatikan untuk membuat makanan keluarga cocok untuk anak, yaitu gunakan sedikit gula, garam, dan hindari bumbu-bumbu dengan rasa yang tajam. Pada usia toddler biasanya anak lebih menyukai makanan manis, seperti, cokelat, permen, dan es krim, sedangkan sayuran kurang disukai. Keadaan ini harus lebih diperhatikan agar anak dapat menyukai berbagai jenis sayuran. Maka dari itu, pemberian sayuran dan buah-buahan harus bervariasi, minyak dapat diganti margarin, gula pasir dapat diganti gula merah atau gula batu atau madu.

Cara Bikin Anak Doyan Makan berikut ini:

1. Waktu Makan

Makanan kecil boleh diberikan antara 2 waktu makan, sepanjang tidak mengurangi selera makan. Dalam keadaan tertentu anak lebih menyukai makanan kecil daripada makanan utama. Hal ini masih diperbolehkan selama kandungan nutrisi dalam makanan kecil tersebut masih terpenuhi dan hal ini hanya bersifat sementara.

2. Buat suasana menyenangkan

Agar suasana makan menyenangkan dapat melakukan tips berikut:

  • Gunakan peralatan makan dengan bentuk yang lucu, penuh warna serta bergambar tokoh kesukaan si anak.
  • Berikan makanan dalam bentuk dan warna yang bervariasi.
  • Tawarkan variasi rasa makanan dan cobalah jenis makanan baru bersama dengan makanan yang biasa dimakan.
  • Jangan gunakan makanan sebagai bentuk hadiah atau hukuman.

Ingatlah bahwa anak cenderung untuk memilih makanan sendiri, hal ini merupakan bentuk kemandirian. Jadi, bersabarlah. Berilah makanan sehat yang bervariasi. Tawarkanlah selalu bentuk/ rasa/tekstur makanan baru dan berilah waktu untuk beradaptasi. Ingatlah selalu bahwa tugas ibu adalah memberi/menyiapkan makanan, sedangkan anak mempunyai kebebasan memutuskan untuk mencoba makanan tersebut atau tidak.  Anak biasanya belum dapat merasakan lapar, jadi senantiasa tawarkan makanan (tiap 2-3 jam) dan jangan cemas jika ia tidak menghabiskannya. Seperti halnya orang dewasa, anak juga mengalami perubahan selera makan dari hari ke hari.  Jika anak sedang dalam masa tumbuh gigi, ia mungkin kehilangan nafsu makan, tetapi akan kembali dalam beberapa hari.

Demikianlah 2 Cara Bikin Anak Doyan Makan, semoga dapat bermanfaat, Amin

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.