Cara Gampang Jadi Guru Panutan

Cara gampang jadi guru panutan menjadi hal yang istimewa. Menjadi guru panutan tidak sembarang cita – cita tetapi memerlukan perjuangan yang tinggi dari seorang guru. Tidak hanya pada siswa, guru panutan harus lebih dari komunikasi kepada siswa tetapi bisa menjadi contoh bagi guru lainnya.

Pada awalnya, ide menjadi seorang panutan akan tercipta karena kebiasaan. Kadang-kadang, Anda menjadi seorang panutan hanya karena usia Anda, jenis kelamin, bidang pelajaran, atau latar belakang sosial/budaya. Anda mungkin menjadi satu-satunya guru pria yang bekerja di sekolah dasar Anda, atau satu-satunya guru olahraga wanita di wilayah Anda.

baca juga:Cara Gampang Menarik Perhatian Siswa

Guru harus konsisten

Namun, guru sebagai seorang panutan lebih dari sekadar itu. Hal ini berkenaan dengan menunjukkan contoh yang konsisten dari perilaku dan sikap yang sesuai, acap kali bagi mereka yang kurang mendapatkan hal tersebut di luar lingkungan pendidikan. Beberapa dari siswa kami yang sangat nakal biasanya menjadi orang dewasa yang berperilaku agresif: diperlukan waktu bagi mereka untuk menyadari bahwa ada cara lain untuk berinteraksi dengan Anak-anak muda meniru apa yang mereka lihat, dan sangat penting untuk mengingat hal tersebut dalam pikiran Anda ketika Anda merasa kesal oleh perilaku dari beberapa siswa Anda (berapa pun usia mereka). Jika seorang anak dibesarkan di sebuah rumah di mana sering kali terdengar kata makian, ia mungkin akan membawa bahasa tersebut ke sekolah.

Akan tetapi, jika mereka menghormati Anda, siswa Anda mungkin berusaha meniru Anda. Mereka mungkin meniru perilaku dan cara Anda berhubungan dengan orang; mereka mungkin mempelajari pelajaran yang Anda ajarkan dengan maksimal, karena Anda telah menginspirasi mereka untuk menyukai pelajaran tersebut seperti Anda menyukainya.

Salah satu cara kunci agar kita dapat memberikan contoh perilaku yang baik kepada siswa kita adalah memperlakukan mereka sebagaimana kita ingin diperlakukan, contohnya, dengan sopan dan penuh hormat. Kita mungkin berpikir bahwa bersikap sopan akan menjadi strategi yang relatif mudah untuk diterapkan dan dipertahankan.

Namun, ketika kita dihadapkan atau kekasaran yang terjadi terus-menerus. Kita akan dengan dengan tekanan yang disebabkan oleh tindakan bermusuhan sangat mudah melakukan tindakan yang serupa. Ucapan dankomentar kasar dan bersikap sinis-sesuatu yang mungkin tidak akan pernah Anda lakukan dalam kehidupan Anda di luar sekolah. Perasaan jengkel acap kali merupakan respons yang sepenuhnya wajar, tetapi pada saat yang bersamaan hal tersebut tidak membantu.

Cara gampang jadi guru panutan harus memperhatikan sikap sopan yang tak henti-hentinya diterapkan membantu Anda:

  • Meredam situasi yang sulit
  • Menetapkan contoh yang tepat dari perilaku yang baik
  • Menunjukkan kepada siswa lain bahwa kita tetap bisa bersikap tenang ketika berhadapan dengan situasi yang membuat tertekan
  • Tetap “berada di jalur yang benar” dan tunjukkan bahwa siswa yang agresif berada “di jalur yang salah”.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.