Cara Gampang Jadi Guru yang Tegas

Cara gampang jadi guru yang tegas harus guru kuasai dalam mendidikan dan membimbing siswa. Ketika Anda mengetahui dengan pasti apa yang Anda inginkan, Anda harus menyampaikannya ke seluruh kelas, dengan menggunakan kata-kata yang jelas, sederhana, dan bermakna. Suatu cara yang baik untuk melakukan hal ini adalah dengan menggunakan pernyataan “saya harap”, “saya ingin”, atau “saya butuh”, sekali lagi hal ini bergantung pada dengan cara apa Anda ingin berkomunikasi.

“Saya harap” akan terdengar sedikit otoriter, sementara “saya butuh” terdengar sedikit lebih lembut dan lebih merupakan permintaan daripada sebuah tuntutan. Sebaliknya, Anda mungkin memutuskan untuk menyampaikan harapan Anda dengan menggunakan kata “kita” (“kita selalu mendengarkan”) untuk menunjukkan bahwa seluruh kelompok bekerja sama. Hal ini khususnya berhasil dengan baik kepada anak kecil.

baca juga:Cara Gampang Mengenal Jenis Data Statistik

Beberapa guru senang menentukan harapan mereka bersama dengan kelas yang diajarnya. Sepanjang kegiatan ini tidak menimbulkan masalah, atau memakan waktu terlalu lama, hal ini dapat benar-benar berjalan dengan baik. Namun, pada dasarnya Anda sering kali hanya membuat siswa Anda memilih aturan yang sejak pertama kali memang Anda inginkan. Kadangkadang, akan lebih cepat dan mudah hanya dengan mengatakan kepada mereka!

Seperti predator yang merasakan kelemahan pada mangsanya, para siswa secara naluriah menyadari ketidakpastian di dalam diri guru mereka. (ingat kembali ketika Anda duduk di bangku sekolah-saya yakin ada beberapa guru yang Anda yakin dapat Anda permainkan, dan yang lainnya tidak dapat Anda permainkan). Bagian kunci dari mencapai harapan Anda adalah untuk mengomunikasikan sikap percaya diri kepada siswa Anda. Beberapa orang mampu melakukan hal tersebut secara alami; sementara yang lainnya menganggap hal tersebut sangat sulit dan mereka membutuhkan waktu beberapa tahun untuk melakukannya. Hal ini berkaitan dengan seberapa baik Anda menggunakan komunikasi verbal dan nonverbal.

Singkatnya, beberapa strategi yang Anda butuhkan meliputi:

  1. Melakukan banyak kontak mata
  2. Nada suara yang jelas dan menarik
  3. Gerakan di sekitar ruangan kelas
  4. Bahasa tubuh yang terbuka dan santai
  5. Menolak untuk bertindak berlebihan, atau bersikap defensif.

Tentu saja, terdapat situasi di mana, di luar usaha terbaik Anda, beberapa, banyak, atau sebagian besar siswa menolak untuk memenuhi harapan Anda. Pada saat seperti ini, Anda. pasti tergoda untuk menyerah, mengatakan “terserah”, dan membiarkan siswa-siswa berperilaku sesuai dengan keinginan mereka. Namun, mempertahankan standar yang tinggi dan menolak untuk menyerah akan harapan Anda, dalam jangka panjang, merupakan kunci menuju keberhasilan. Hal tersebut menunjukkan kepada siswa Anda bahwa Anda percaya bahwa mereka mampu untuk melakukan hal-hal hebat, dan bahwa Anda tidak akan membiarkan mereka mengecewakan diri sendiri.

Anda mengajar untuk pertama kali, Ketika cenderung berperan sebagai teman daripada seorang figur yang memiliki otoritas. Anda mungkin merasa bahwa bagaimanapun tidak wajar untuk menuntut siswa Anda melakukan sesuatu. Namun sebenarnya, Anda membantu mereka dengan menunjukkan batasan yang jelas kepada mereka. Anak muda menginginkan kepastian dari orang dewasa dalam kehidupan mereka. Mereka ingin Anda menciptakan dan menegakkan batasan untuk memberikan perasaan aman kepada mereka. Hal tersebut khususnya sangat tepat bagi siswa Anda yang paling menyulitkan, yang mungkin tidak memiliki struktur dalam kehidupan mereka di rumah.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.