Cara Gampang Komunikasi Verbal dan Non verbal

Cara gampang komunikasi verbal dan non-verbal yang efektif bagi guru harus mampu dikuaasi oleh guru agar komunikasi dapat maksimal. Kepiawaian guru dalam mengatur komunikasinya kepada siswa, antar guru maupun dengan atasan pun harus mampu diterapkan oleh guru sebaik mungkin. Hal ini akan memberikan penilaian lebih bagi seorang guru.

Ketika Anda berdiri di depan sebuah kelas, Anda memiliki peran untuk berkomunikasi dengan orang yang mendengarkan Anda, sama seperti yang dilakukan oleh aktor ketika ia melangkah ke atas panggung. Siswa Anda akan menangkap isyarat tentang bagaimana berperilaku setidaknya sebagian dari cara Anda menggunakan suara dan tubuh Anda. Jika Anda dapat mengomunikasikan kepercayaan diri dan kepastian, hal ini membantu Anda mencapai status yang tinggi dalam hubungan guru/siswa. Jika siswa Anda menghargai dan menghormati Anda, pada akhirnya mereka lebih cenderung berperilaku baik.

baca juga:Cara Gampang Bersikap Gigih kepada Siswa

Anda harus berpikir dengan hati-hati tentang aspek fisik dari pengajaran Anda, terutama jika Anda bukanlah orang yang percaya diri. Ingatlah bahwa Anda tidak perlu merasa percaya diri di dalam diri Anda, Anda hanya perlu mengomunikasikan sikap penuh percaya diri melalui tanda verbal dan non-verbal Anda. Sejak awal pertemuan, siswa-siswa Anda sedang menelaah persona guru Anda (biasanya secara tidak sadar), untuk memutuskan bagaimana mereka akan berperilaku.

Suara guru adalah suatu instrumen yang harus selalu digunakan dalam kegiatan mengajar kita. Kita harus belajar untuk memelihara instrumen vokal kita-kita hanya memiliki satu dan tidak dapat memperbaikinya jika rusak. Beberapa guru sudah terlatih dalam menggunakan teknik vokal yang baik (walaupun tidak semuanya terlatih). Jelaslah mudah untuk mengikuti kebiasaan buruk.

Cara gampang komunikasi verbal dan no verbal yaitu pastikan Anda:

  • Pertahankan postur yang baik, terutama ketika berbicara.
  • Berdiri tegak dengan bahu, leher, dan dagu Anda relaks.
  • Gunakan diafragma Anda untuk berbicara, bukan otot leher Anda.
  • Usahakan agar Anda tidak kekurangan cairan selama Anda mengajar.
  • Jika Anda tidak merasa yakin akan penggunaan suara yang baik, atau jika Anda secara teratur kehilangan suara Anda, pastikan Anda mendapatkan pelatihan vokal yang berkualitas.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.