Cara Gampang Memanen Pisang

Cara gampang memanen pisang menjadi cara yang harus diketahui oleh petani dan masyarakat yang memiliki pohon pisang. Memanen opisang tidak hanya asal memanen agar hasil panenannya tidak rusak.

Teknik dan cara gampang memanen buah pisang antara lain :

  1. Buah pisang sudah dapat dipetik atau dapat 15 dipanen, apabila dalam keadaan sudah tua betul. Kalau belum tua betul sudah dipanen, rasanya belum begitu manis dan tidak lezat.
  2. Tanda-tanda buah pisang sudah tua betul yaitu satu dua buah telah agak menguning atau
    kekuning-kuningan. Jangan dibiarkan saja buah pisang matang di pohon, karena akan didahului oleh kelelawar atau gros codot (Jawa)
  3. Bila buah pisang sudah dalam keadaan tua betul, tebanglah sebagian batang semunya sedikit demi sedikit, sehingga tandan buah pisang bisa merunduk, supaya dapat dijangkau orang berdiri
  4. Potonglah tandan pisang tersebut dari ujung batangnya, setelah putus dari batangnya, baliklah tandan buah pisang tadi tangkai di bawah buahnya di atas, supaya getah pisang tersebut tidak membasahi sisiran-sisiranĀ  pisang
  5. Kerat/pisahkanlah sisiran-sisiran buah pisang dari tandannya, supaya getah dapat habis dan mudah untuk menyusun dalam memeram.

Ada 2 macam cara pemeraman yaitu:

  1. Diperam di dalam tempat yang tertutup dan diberi gas karbit. Dengan cara seperti ini pisang cepat matang atau menguning, tetapi rasa dan aromanya belum begitu manis.
  2. Diperam di dalam lubang di tanah, dan diberi dedaunan, kemudian ditutup rapat. Di atasnya diberi api supaya udara dalam ruangan itu menjadi hangat, mengakibatkan buah pisang dalam tempat itu bisa kuning/matang, dan hasilnya lebih lezat dan menis.

Perbedaan jenis pisang yang dapat untuk dibuat kripik antara lain :

  1. Buah pisang yang baik untuk dibuat kripik, pisang tanduk atau pisang sungu (jawa). Buah pisang tanduk dipilih yang sudah tua betul, tetapi yang belum matang. Selain pisang tanduk, dapat juga membuat dari buah pisang gambleng atau raja lendang (jawa). Jenis buah pisang ini sangat banyak di jumpai di daerah-daerah, harganya lebih murah bila dibandingkan dengan pisang tanduk.
  2. Pisang yang kurang baik untuk dibuat kripik yaitu, bualh pisang yang masih terlalu muda atau
    sudah matang betul. Jenis buah pisang raja, ambon barangan juga tidak baik untuk dibuat kripik pisang

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.