Cara Gampang Mengendalikan Kenakalan Anak

Cara gampang melakukan pengendalian terhadap kenakalan anak. Dalam mengatasi kenakalan pada anak yang paling dominan mengendalikan adalah dari faktor keluarga. Hal ini karena keluarga merupakan lingkungan yang paling utama ditemui oleh seorang anak. Di dalam menghadapi kenakalan pada seorang anak, pihak orang tua dapat mengambil sikap bicara seperti berikut ini.

Preventif

Bersifat preventif yaitu tindakan orang tua terhadap anak yang bertujuan untuk menjauhkan si anak dari pada perbuatan buruk yang disebabkan dari lingkungan pergaulan. Dalam hal sikap bersifat preventif, pihak orang tua dapat mengadakan tindakan seperti:

Menanamkan rasa disiplin dari Ayah terhadap anak.
Memberikan pengawasan dan perlindungan terhadap anak oleh Ibunya.
Menjaga agar tetap terdapat suatu hubungan yang bersifat intim dalam satu ikatan keluarga.

Disamping beberapa hal yang sudah disebutkan maka hendaknya diadakan juga:

Memberikan pendidikan nilai-nilai agama untuk meletakkan dasar moral yang baik dan berguna.

  1. Penyaluran bakar anak ke arah pekerjaan yang berguna dan bisa produktif, supaya kepribadian dan kreativitas pada anak sangat terasah.
  2. Selalu melakukan pengawasan atas lingkungan pergaulan anak sebaik mungkin.

Pihak orang tua hendaknya juga bisa ikur serta secara aktif dalam kegiatan sosial yang bertujuan untuk menanggulangi masalah kenakalan pada anak.

Diskusi khusus mengenai masalah perlindungan anak-anak,

Selain itu pihak orang tua terhadap anak yang bersangkutan dalam perkara kenakalan hendaknya mengambil sikap tegas sebagai berikut ini:

  1. Mengadakan introspeksi sepenuhnya akan kenakalan yang telah diperbuat sehingga menyebabkan anak terjerumus dalam kenakalan anak.
  2. Memahami sepenuhnya latar belakang dari masalah kenakalan yang menimpa si anak.
  3. Meminta bantuan para ahli psikologi atau petugas sosial di dalam mengawasi perkembangan kehidupan anak, apabila sangat diperlukan.
  4. Membuat catatan perkembangan pribadi anak sehari-hari.

Cara mengatasi kenakalan anak

Berikut ini kiat-kiat yang dapat dilakukan oleh Ayah Bunda untuk mengembangkan kepribadian dan kreativitas anak dalam mengatasi kenakalan anak:

  1. Bentuklah pengalaman belajar sesuai rasa ingin tahu anak, dengan menghadapkan masalah-masalah yang relevan dengan kebutuhan, tujuan dan minat anak.
  2. Memperkenalkan anak untuk ikut serta dalam menyusun dan merencanakan kegiatan belajar.
  3. Berikanlah pengalaman dari kehidupan nyata yang menuntut peran serta secara aktif kepada anak dan kembangkanlah kemampuan itu.
  4. Usahakan agar program belajar cukup untuk mendorong si anak untuk melakukan penyelidikan, percobaan dan penemuan sendiri.

Bertindaklah lebih sebagai sumber belajar dari pada sebagai penyampai informasi kepada anak, serta jangan paksakan pengetahuan yang belum siap diterima oleh anak.

baca juga : Cara Gampang untuk Download Video di YouTube

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.