Cara Gampang Mengurangi Ketegangan Guru

Cara gampang mengurangi ketegangan pada pertemuan pertama bagi guru akan diulas dalam artikel ini. Guru tentunya tidak lepas dari masa – masa tegang saat pertama kali berjumpa dengan murid – murid. Hal ini lebih – lebih bertemu dan bertatap muka dengan siswa yang baru atau di tempat tugas yang baru. Guru akan mengahadapi banyak hal baru yang menuntut untuk cepat beradaptasi.

Walaupun pertemuan pertama dapat sangat menegangkan, Anda harus ingat bahwa siswa-siswa tidak memiliki opini atau hanya membentuk sedikit opini tentang Anda. Jika Anda sudah berada cukup lama di sekolah Anda, reputasi Anda akan membentuk pendapat tentang Anda, terutama jika ada saudara dari siswasiswa tersebut yang pernah Anda ajar.

baca juga:Cara Gampang Pemeriksaan Pendengaran, Gigi dan Mulut Siswa

Jika Anda adalah seorang guru baru di sekolah, saat ini Anda adalah “seseorang yang misterius”, seseorang yang tidak diketahui, sehingga hal tersebut menimbulkan ketertarikan yang besar. Siswa yang lebih tua memiliki kemampuan yang luar biasa untuk mengenali (dan kemudian menyulitkan) guru bantu. Jika guru tersebut adalah Anda, maka siapkanlah jawaban yang meyakinkan terhadap pertanyaan:

“Apakah Anda seorang guru bantu?”

Jika Anda mengalami kesulitan di pertemuan pertama Anda, kepercayaan diri Anda akan menurun dan Anda mulai menunjukkan sikap defensif. Jika hal tersebut terjadi maka cara gampang mengurangi ketegangan:

  • Tetaplah tenang dan santai: jika Anda tegang dan marah, Anda memberikan dorongan kepada siswa-siswa Anda untuk berperilaku buruk di kemudian hari. Tarik nafas dalam-dalam, tahan emosi Anda, dan tetaplah tenang.
  • Tanggapilah dengan cerdas: ambillah keputusan secara sadar untuk bereaksi secara cerdas, dan bukan secara emosional. Jangan biarkan emosi Anda mengalahkan Anda,tidak ada gunanya menjadi sedih atau marah.
  • Jangan bersikap defensif: ingatkan diri Anda bahwa yang terjadi bukanlah masalah pribadi. Jika siswa Anda “memprotes” pelajaran Anda dengan berperilaku buruk, jangan merespons dengan tindakan yang bermusuhan. Akan jauh lebih bermanfaat untuk tetap bersikap positif.
  • Dan jika semua usaha tersebut tidak berhasil…
  • Jangan menjadi seorang perfeksionis: ini bukan merupakan sebuah bencana besar jika beberapa siswa mengejek Anda di pertemuan pertama. Dunia tidak akan berakhir. Anda tidak akan dipecat. Anda akan mempelajari beberapa pelajaran berharga dari pengalaman tersebut.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.