Cara Gampang Pembibitan Tomat

Cara gampang pembibitan tomat merupakan lagkah pertama sebelum menanam tomat. Pembibitan adalah langkah awal dalam penanaman tanaman. Berhasil baik atau tidaknya kita menanam suatu tanaman sangat ditentukan oleh bibit tanamannya. Untuk membudidayakan tanaman tomat, agar membuahkan hasil tanaman tomat, sesuai yang kita harapkan, harus kita ketahui bagaimana membuat bibit yang baik.

Mengapa kita harus harti-hati dalam pembibitan? Kita tidak boleh seenaknya dalam membuat bibit tomat, sebab bila sampai keliru dalam membuat bibit, kecuali hasilnya tidak bagus, kita akan rugi waktu, biaya, dan tenaga.

baca juga:Cara Gampang Bercocok Tanaman Peria Ayam

Inginkah anda menanam tomat yang buahnya banyak, besar-besar, enak rasanya, serta indah bentuk dan warnanya? Untuk itu marilah kita ketahui caracara memilih bibit tomat, yang hasil dan manfaatnya, seperti yang kita harapkan dengan melalui penjelasan berikut.

Pemilihan Induk Bibit Tomat

Sebelum memilih induk bibit tomat, kita harus mengetahui lebih dahulu jenis tomat atau macammacam tomat. Mengapa kita harus mengetahui hal tersebut? Jika kita telah mengetahui jenis dan macam-macam tomat, maka kita akan memperoleh tomat yang akan kita inginkan.

Cara gampang pembibitan tomat dilakukan dengan memilih jenis tomat yang dibedakan sebagai berikut :

a. Jenis tomat hias

Tomat hias ialah tomat yang hasilnya untuk dinikmati keindahannya. Ciri-ciri tomat hias adalah:

  1. Buahnya kecil-kecil, tetapi banyak dan tangkainya kuat
  2. Daunnya lebih kecil dibandingkan dengan daun tomat lain.
  3. Batangnya agak pendek, kuat, banyak rantingnya dan tidak lekas panjang serta kecilkecil.
  4. Akarnya kuat sehingga tidak mudah roboh.

Tomat hias sangat cocok dibudidayakan dalam pot atau untuk koleksi tanaman hias di taman, ditata dengan aksesoris tanaman lain di sampingnya. Tomat tersebut memang tidak dipentingkan besarnya buah dan rasanya, tetapi lebik dinikmati keindahannya. Apakah anda telah menanamnya? Bila kita menginginkan ayo kita budidayakan !

b. Jenis Tomat Sayur

Jenis tomat sayur ialah tomat yang hasilnya untuk memenuhi kebutuhan sayur. Keindahan tomat sayur biasanya tidak diutamakan, walaupun terdapat pula keindahannya. Yang diutamakan adalah hasil buahnya yang melimpah. Tomat sayur ini biasanya banyak dijual di pasar dan warungwarung sayur. Sifat-sifat tanaman tomat sayur sebagai berikut:

  1. Buahnya besar-besar bentuknya tidak menarik. Bahkan benjol-benjol, kulitnya kurang menarik sukar dikelupas, rasanya sangat masam, berair dan berbiji banyak.
  2. Daunnya lebar dan lemas, tangkai daun juga lemas.
  3. Batangnya lebih besar dari tomat lainnya, namun lemas, banyak terdapat cabang dan rantingnya yang panjang
  4. Pohon tomat ini biasanya terkulai di tanah, karena berat dengan buah.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.