Cara Gampang Susun Bagian Pembuka Laporan

Cara gampang susun bagian pembuka laporan ilmiah. Menurut Arifin (1987), bagian pembuka sebuah laporan penulis lengkap harus mengandung komponen-komponen berikut ini.

  1. Judul
  2. Halaman judul
  3. Halaman pengesahan
  4. Halaman penerimaan.
  5. Kata pengantar.
  6. Abstrak.
  7. Daftar isi.
  8. Daftar tabel
  9. Daftar grafik, bagan atau skema
  10. Daftar singkatan dan lambang.

Bagian pembuka tersebut pada umumnya digunakan apabila laporan penelitian merupakan tulisan yang berdiri sendiri secara utuh. Untuk laporan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal atau bagian dari sebuah buku, tidak seluruh unsur dalam bagian pembuka tersebut digunakan. Dalam kasus tersebut biasanya yang digunakan hanyalah judul laporan.

Penyusunan Judul

Judul merupakan pintu atau muka dari sebuah karya ilmiah. Sebelum membaca isi sebuah karya ilmiah, semua orang akan mengawali dengan membaca judul karya tersebut. Untuk itu judul sebuah karya ilmiah harus menampilkan fakta yang ingin diungkapkan, jelas, positif, singkat, khas, serta mampu menampilkan kata kunci dari sebuah tulisan. Dengan demikian, judul dapat memandu pembaca ke arah inti karya ilmiah.

Halaman judul

Halaman judul diletakkan sesudah halaman depan atau cover. Pada halaman ini umumnya terdapat judul, penulis, dan penerbit (apabila diterbitkan oleh penerbit). Selanjutnya halaman judul diikuti oleh halaman pengesahan.

Halaman pengesahan

Pengesahan terhadap laporan yang ditulis biasanya dilakukar oleh pemberi dana penelitian atau seseorang yang bertanggung jawab terhadap penelitian yang dilakukan.

Kata pengantar

Kata pengantar dituliskan untuk memberikan gambaran secara umum kepada pembaca tentang latar belakang konteks penelitian, seperti rasional dilakukannya penelitian, tujuan yang ingin dicapai, serta hal-hal lain yang dapat memberikan gambaran mengenai pelaksanaan penelitian dan penulisar japoran secara umum. Pada bagian kata pengantar juga biasanya penulis menyampaikan ucapan-ucapan terima kasih Kepada pihak-pihak yang telah membantu penulis baik dalam pelaksanaan penelitan maupun dalam penulisan laporannya,

Abstrak

Abstrak merupakan gambaran umum mengenai substansi laporan penelitian, Pada abstrak inilah penulis menyampaikan gambaran singkat mengenai latar belakang, metode, serta temuan hasil penelitian. Dengan demikian, pembaca dapat mengetahui secara umum isi dari laporan sebelum mereka membuka halaman berikutnya.

baca juga : Cara Gampang Bikin Pendahuluan

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.