Cara Membuat Selai Nenas

Cara Membuat Selai Nenas

Cara gampang membuat selai nanas menjadi salah satu ide pemanfaatan buah nanas. Selai nenas banyak digunakan oleh orang dalam campuran membuat roti atau saaat makan roti tawar. Tidak hanya itu selai nenas juga banyak dijumpai pada penjual roti bakar atau martabak manis. Hal ini menunjukkan bahwa pembuatan selai nanas memiliki banyak manfaat dan keuntungan yang dapat diperoleh oleh produsen. Tidak hanya digunkana oleh konsumen langsung tetapi para pedagang atau penjual roti bakar dan martabak pun mengunakan selai nanas sebagai bahan bakunya. Dari segi harga pun selai nanas dapat terjaungkau dan mampu memberikan keuntungan kembali bagi pembelinya.

Roti tawar biasanya dimakan dengan dioles mentega dan dapat diberi telur goreng, tomat, keju, gula pasir, atau yang lainnya. Juga enak dimakan dengan jam atau selai yang dibuat dari daging buah-buahan dicampur gula pasir. Nenas, sirsak, papaya, sawo, dan sebagainya adalah jenis buah yang dapat dibuat jam. Selai nenas rasanya paling enak. Dapat juga dicampur dengan papaya, dengan perbandingan 1: 1. Barangkali kalian ingin membuatnya sendiri?

Boleh saja, cara membuatnya tidak sukar, bukan? Untuk jelasnya ikuti petunjuk berikut ini.

Bahan-bahannya:

  1. Beberapa buah nenas yang sudah matang betul.
  2. Gula pasir 1 kg.
  3. Asam sitrun 5 gram
  4. Bahan pengawet Natrium Benzoat % gram.

Perlengkapannya:

  1. Pisau tajam.
  2. Panci
  3. Kompor pemasak
  4. Piring
  5. Botol bermulut lebar dan bertutup.
  6. Dandang soblukan.

Cara membuat:

  1. Nanas diparut. Kira-kira sebanyak 0,5 kg.
  2. Direbus sebentar untuk menguapkan sebagian besar airnya. Kemudian tuangkan gula pasir dan diaduk hingga kental. Jangan hangus.
  3. Perbandingan gula dan nenas 1:1.
  4. Masukkan 5 gram asam sitrun
  5. Masukkan natrium benzoat 2,5 gram. Terlebih dahulu di- hancurkan dengan air hangat

Catatan: Natrium benzoat dicampurkan setelah panci diangkat dari kompor dalam keadaan panas. Untuk tempat selai nenas, gu- nakan botol yang telah disterilkan. Masukkan selai nenas panas ke dalam botol. Ditanak lagi dalam dandang9 soblukan 25 menit. Diangkat dari soblukan, ditu tup rapat, simpan di lemari. Beginilah cara penyajian akhir dalam pembuatan selai nanas.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.