Mengenal Online Journal System (OJS)

Mengenal Online Journal System (OJS)

Ingin mengenal Online Journal System (OJS) dapat disimak di Info Menarik yang dikutip dari website resmi PKP. Platform ini merupakan sistem pengaturan dan penerbitan atau publikasi artikel jurnal dan website. Meliputi semua aspek penerbitan jurnal online, dari pembuatan website jurnal hingga tugas operasional seperti proses submit penulis, peer review (pengkoreksian), pengeditan, publikasi, archives dan indeks jurnal. OJS membantu pengaturan aspek pengguna dalam menyusun sebuah jurnal, termasuk menyimpan track hasil kerja editor, reviewer, dan penulis, memberi tahu pembaca, dan bantuan menggunakan koresponden. Dengan mengenal Online Journal System (OJS) ini wawasan mengenai OJS semakin meningkat.

OJS untuk Publikasi Ilmiah

Online Journal System digunakan untuk kepentingan publikasi ilmiah hasil penelitian dan kajian yang dapat diakses secara terbuka oleh semua pengguna internet. di Indonesia semua publikasi ilmiah sejak tahun 2016 wajib online dengan menggunakan aplikasi ini.”Para ilmuwan membutuhkan sarana untuk meluncurkan jurnal generasi baru yang berkomitmen untuk membuka akses, dan untuk membantu jurnal-jurnal yang ada yang memilih untuk melakukan transisi untuk membuka akses”
Open Journal Systems (OJS) adalah sistem manajemen dan penerbitan jurnal yang telah dikembangkan oleh Public Knowledge Project melalui upaya-upaya yang didanai pemerintah federal untuk memperluas dan memperbaiki akses terhadap penelitian.

Baca juga: Sistem Keamanan OJS Menghindari Hack atau Deface

Fitur OJS

  1. OJS terinstal secara lokal dan lokal.
  2. Edit administrator mengonfigurasi persyaratan, bagian, proses peninjauan, dll.
  3. Pengajuan dan pengelolaan online dari semua konten.
  4. Modul langganan dengan opsi akses terbuka tertunda.
  5. Pengindeksan konten yang komprehensif dari sistem global.
  6. Alat Bacaan untuk konten, berdasarkan pilihan lapangan dan editor.
  7. Email pemberitahuan dan kemampuan berkomentar untuk pembaca.Dukungan bantuan online lengkap konteks-sensitif.
OJS membantu setiap tahap proses penerbitan online, mulai dari pengiriman sampai publikasi online dan pengindeksan. Melalui sistem manajemennya, pengindeksan penelitiannya yang halus, dan konteks yang diberikannya untuk penelitian, OJS berusaha memperbaiki kualitas penelitian wasit dan ilmiah.
OJS adalah perangkat lunak open source yang tersedia secara gratis untuk jurnal di seluruh dunia untuk tujuan membuat akses terbuka untuk menerbitkan pilihan yang layak untuk lebih banyak jurnal, karena akses terbuka dapat meningkatkan pembaca jurnal serta kontribusinya terhadap kepentingan publik dalam skala global.

Sumber : https://pkp.sfu.ca/ojs

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.