Berapalama artikel terindeks SINTA

Berapa Lama Artikel Terindeks SINTA?

Pertanyaan Berapa Lama Artikel Terindeks SINTA?  sering dilontarkan oleh penulis artikel pada jurnal ilmiah terakreditasi. Info Menarik akan memberikan informasi mengenai pertanyaan tersebut.

Bagaimana Tahapan Publikasi Artikel?

Sebelum menjawab pertanyaan mengenai berapa lama artikel terinkdes  SINTA, terlebih dahulu pembaca sebaiknya mengetahui bagaimana tahapan publikasi artikel. Tahapan standar yang dilalui oleh penulis untuk mempublikasikan artikelnya di jurnal ilmiah adalah:

  1. Menyesuaikan artikel dengan template jurnal target
  2. Melakukan registrasi / pendaftaran pada jurnal target
  3. Mengirimkan naskah sesuai template
  4. Editor mengirimkan naskah kepada reviewer
  5. Reviewer melakukan review terhadap naskah dan mengirimkan hasilnya kepada editor
  6. Editor mengirimkan hasil review kepada penulis untuk dilakukan revisi [jika artikel diberikan keputusan revisi]
  7. Penulis melakukan revisi sesuai hasil review
  8. Penulis mengirimkan artikel revisi
  9. Editor memberikan keputusan diterima/Revisi kembali/ditolak
  10. Jika artikel diterima maka artikel akan di layout dan dipublikasikan di website jurnal

Catatan: Setiap jurnal memiliki model publikasi masing-masing, ada yang publish begitu artikel selesai diproses, ada juga yang menunggu jadwal terbit untuk dipublikasikan secara bersamaan pada satu nomor tersebut.

Artikel terindeks Google Scholar

Setelah artikel dipublikasikan di jurnal ilmiah online, biasanya dua minggu setelahnya akan ada pemberitahuan pada email penulis bahwa sudah waktunya menambahkan artikel di profil anda. Silahkan login ke profil google scholar anda dan lakukan klaim terhadap artikel yang direkomendasikan tersebut.

Catatan: pemberitahuan ini akan muncul jika penulis sudah memiliki profil google scholar. Durasi terindeksnya artikel di google scholar juga tergantung pada jurnal yang mempublikasikannya, bisa jadi lebih cepat atau bahkan lebih lama

Berapa Lama Artikel Terindeks SINTA?

Setelah artikel dipublikasikan dan terindeks google scholar dengan durasi waktu yang berbeda-beda, maka setelah artikel di klaim oleh penulis di profil google scholarnya, maka penulis dapat melakukan sinkronisasi mandiri di akun SINTA nya dengan mengklik Sinkronisasi pada menu bagian atas kanan berwarna hijau. setelah proses sinkronisasi selesai maka secara otomatis artikel akan terindeks di SINTA.

Catatan: Sistem SINTA memgammbil data dari profil Google scholar penulis dan profil google scholar jurnal

Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa lamanya waktu yang dibutuhkan sebuah artikel terindeks di SINTA adalah satu bulan dengan asumsi 2 minggu proses publikasi artikel, 2 minggu proses indeksasi google scholar dan penulis segera melakukan sinkronisasi akun SINTA nya dengan profil google scholarnya.

Related Posts

3 thoughts on “Berapa Lama Artikel Terindeks SINTA?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.