Cara Membuat Limun Temu Lawak

Cara gampang membuat limun temu lawak menjadi salah satu minuman yang disenangi oleh kalangan masyarakat. Minuman limun adalah minuman zaman dulu (jadul) yang rasanya bikin kangen. Dikemas dalam botol kaca mirip soda, ini keistimewaannya.
Rasa minuman jadul memang sederhana dan tampilannya cenderung klasik, namun hal inilah yang membuat banyak orang kangen. Contohnya minuman limun yang hits di Indonesia tahun 1980 hingga 1990an.

Limun sebenarnya adalah ‘lemonade’ dalam bahasa Inggris. Minuman ini banyak tersebar di dunia dengan karakteristik paling umum adalah minuman rasa lemon. Di Indonesia, minuman limun sendiri punya banyak penggemar. Limun kerap disamakan dengan minuman soda. Ciri khasnya dikemas dalam botol kaca dengan varian rasa manis menyegarkan.

Cara Membuat Limun Temu Lawak

Temu lawak termasuk salah satu jenis umbi umbian yang biasanya dipakai sebagai bahan atau ramuan jamu. Akan tetapi, dapat juga dibuat minuman yang menyegarkan dan menambah kesehatan jika kita minum secara teratur. Limun temu lawak dapat kalian buat sendiri. Bahannya murah dan tidak begitu sukar mengerjakannya. Cobalah buat sendiri dengan mengikuti petunjuk berikut ini.

Bahan-bahannya:

  1. Temulawak kering 15 gram
  2. Gula pasir: % kg.
  3. Kembang pala 1 gram
  4. Kayu manis 5 gram.
  5. Asam sitrun 4 gram
  6. Soda makan 3 gram.
  7. Air putih 4 liter

Alat-alatnya:

  1. Panci
  2. Kompor pemanas
  3. Botol bertutup rapat
  4. Corong dan saringan.

Cara membuat :

  1. Temulawak kering diiris
  2. masukkan bahan ke panci : asam sitrun, irisan temulawak, kayu manis, kembang pala, gula pasir, setengah kilogram dimasak sampai tinggal 4,5 liter larutan.
  3. cara yang betul larutan temulay lawak yang jernih
  4. diangkat dari kompor, didiamkan satu malam, kotoran mengendap
  5. larutan jernih dipisahkan dari endapan, dengan mengguna kan pipa plastik. Endapan ja- ngan sampai ikut tersedot
  6. cara yang salah : Jangan disaring menggunakan saringan

Cara mengemas limun dapat berbagai variasi seperti menaruh dalam plastik es, dalam botol atau dalam kemasan cup plastik. Pemasaran minuman dalam kemasan kecil dewasa ini menggunakan botol minuman mineral atau menggunakan cup dengan berbagai ukuran. Hal ini pun menunjukkan bermacamnya harga yang dijualna sehingga produsesn bisa menyesuaikan dengan permintaan pasar.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.