Cara Membuat Sirup Essense

Cara gampang membuat sirup essense merupakan salah satu pilihan dalam membuat minuman botol. Sirup termasuk jenis bahan makanan dan minuman instan yang sering tersedia di rumah tangga Indonesia. Minuman seperti ini memang praktis untuk suguhan maupun pesta. Tinggal ditambah air dan dalam sekejap tersajilah minuman manis dengan warna-warni ceria.

Harga sirup sebenarnya tidak terlalu mahal. Anda bisa menebus sebotol dengan membayar kurang dari Rp16.000. Namun banyak juga ibu-ibu yang khawatir dengan risiko kesehatan dari pewarna dan pengawet yang digunakannya.

Kalau begitu, tak ada salahnya mencoba membuat sirup sendiri. Bahan-bahannya sangat mudah dan bisa menghasilkan banyak. Tak perlu pengawet, karena gula sendiri sebenarnya tidak mudah basi. Cukup simpan di dalam botol yang tertutup rapat dan letakkan di dalam lemari es.

Sirup Essense

Sirop dapat dibuat dengan bermacam-macam ba- han. Yang paling sedap tentunya sirop buah, sekalipun membuatnya agak repot.

Untuk campuran sirop dapat juga digunakan essence yang dapat kalian beli di toko roti atau bahan kimia. Kalau membuatnya baik, sirop essence dapat disimpan lama, dan rasanya akan tetap segar.

Bahan-bahannya:

  1. Air bersih kira-kira 1 liter
  2. Gula pasir 2 Kg.
  3. Essence: asam sitrun 5 gram
  4. Zat warna dan zat pengeruh, dapat kalian beli d toko bahan kimia.

Perlengkapan:

  1. Panci email
  2. Kompor pemanas
  3. Saringan
  4. Pelat pengaduk
  5. Botol bertutup 6. Dandang soblukan

Untuk cara gampang membuat sirop essenceĀ  sebagai berikut:

  1. Air 1 liter direbus sampai mendidih. Ditambah gula pasir 2 kg sampai larut
  2. Disaring, kemudian didinginkan
  3. larutan gula tambah 5 gram asam sItrun, tambahkan zat pengeruh, Zat warna essence.
  4. dibubuhi essence sampai baunya merangsang, beri zat warna
  5. botol disterilkan.
  6. Masukkan sirop ke dalam botol yang sudah disteril kan, ke- mudian ditutup rapat dan di- Simpan. Sirop tidak perlu dipanaskan lagi setelah ditambah essence, asam sitrun, zat pengeruh dan Zat warna

Cara mengemas minuman essense dapat berupa botol kaca. Hal ini dikarenakan minumam sirop essense dalam penyahiannya hanya digunakan sebagian kecil untuk dicampurkan ke air murni. Minuman ini disimpan dengan botol kaca agar lebih awet dan tidak mudah berubah rasa.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.