Cara Gampang Antisipasi Hindari Narkoba

Cara gampang hindari narkoba, rokok, dan miras akan diulas dalam postingan di bawah ini ya. Banyaknya bahaya terkait narkoba, rokok, dan minuman keras menjadi kewaspadaan bagi kita semua untuk menghindarinya. Pengetahuan tentang ketiganya harus dimiliki sebagai modal untuk menolaknya dengan tegas demi kesehatan tubuh. Ada berbagai cara untuk mengantisipasi pemakaian narkoba, rokok, dan minuman keras. Cara tersebut merupakan pola hidup sehat sehingga harus dibiasakan sejak dini.

Mengisi Waktu Luang dengan Kegiatan Positif

Waktu luang seharusnya digunakan untuk kegiatan positif. Mengisi waktu luang dengan kegiatan positif dapat menghindarkan seseorang dari perilaku menyimpang. Selain memperbanyak pengetahuan tentang bahaya narkoba, rokok, dan minuman keras, waktu luang dapat diisi dengan berolahraga.

Sebuah survei yang dilakukan oleh kepala Ahli Fisiologi The American Council on Exercise (ACE) berhasil membuktikan bahwa olahraga dapat menurunkan risiko stres. Sebanyak 45 orang Amerika Serikat mengatakan bahwa olahraga akan memperbaiki suasana hati dan membantu seseorang untuk selalu bersikap tenang.

Suasana hati yang baik didukung perilaku yang tenang akan menambah keyakinan seseorang untuk menolak narkoba, rokok, dan minuman keras. Mereka juga akan lebih memilih berolahraga daripada mengonsumsi ketiganya. Hal ini karena adanya sebuah kesadaran bahwa berolahraga akan menyehatkan tubuh. Sebaliknya, narkoba, rokok, dan minuman keras Justru akan merusak tubuh.

Memiih Teman Bergaul yang Baik

Lingkungan, termasuk teman sepergaulan akan memberi pengaruh besar bagi kehidupan seseorang. Apabila bergaul dengan teman yang baik, kemungkinan besar sescorang akan berperilaku baik pula. Sebaliknya, apabila bergaul dengan tcman yang kurang baik, seseorang dapat pula terbawa arus untuk berperilaku tidak baik.

Begitu pula ketika sescorang bergaul dengan pecandu narkoba, rokok, maupun minuman keras, kesempatan untuk ikut menjadi pecandu juga besar. Hal tersebut tentunya akan berbeda daripada bergaul dengan teman yang bukan pecandu narkoba, rokok, dan minuman keras. Oleh karena itu, setiap orang, terutama usia remaja harus lebih selektif dalam memilih teman sepergaulannya.

Bersikap Terbuka dengan Keluarga

Keterbukaan anak dengan orang tua sejatinya sangat dibutuhkan karena orang tua adalah teman terdekat anak. Orang tua adalah tempat terbaik untuk berkeluh kesah dan mencurahkan permasalahan yang dihadapi. Dari orang tua pula anak akan mendapat pengarahan dan nasihat yang baik.

Ketika anak lebih memilih teman sebaya untuk berkeluh kesah, belum tcatu masalah yang dihadapi dapat diselesaikan dengan baik. Hal ini karena arahan yang diberikan mungkin kurang tepat. Bahkan, bisa jadi teman sebaya akan menawarkan solusi untuk menghadapi permasalahan dengan mengonsumsi narkoba, rokok, maupun minuman keras.

Keterbukaan anak dengan orang tua tidak dapat terjadi dengan sendirinya, terlebih saat anak telah mengenal pergaulan di luar rumah. Jika kondisinya demikian, peran orang tua sangat

baca juga : Cara Gampang Tingkatkan Kualitas Diri: Cegah Narkoba

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.