Cara Gampang Atasi Kesulitan Membaca

Cara gampang atasi kesulitan membaca pada anak merupakan langkah yang baik untuk memberikan stimulus agar anak tumbuh kembang dengan maksimal. Kemampuan membaca merupakan dasar untuk menguasai berbagai bidang studi. Guru maupun orang tua harus cermat memandang masalah ini. Kerja sama keduanya diperlukan demi kebaikan anak.

Ada beberapa cara gampang atasi kesulitan  membaca.

  1. Cobalah untuk menyisihkan waktu setiap hari untukmembaca.
  2. Tundalah sesi jika anak terlalu lelah, lapar, atau mudah marah hingga dapat memusatkan perhatian.
  3. Jangan melakukan sesuatu yang berlebih-lebihan pada saat pertama, mulailah dengan sepuluh atau lima belas menit sehari.
  4. Tentukan tujuan yang dapat dicapai, satu hari sebanyak satu halaman dari bukuphonics atau buku bacaan mungkin cukup pada saat pertama.
  5. Bersikaplah positif dan pujilah anak ketika dia membaca dengan benar. Ketika dia membuat kesalahan, bersabarlah dan bantu untuk membetulkan kesalahan. Jika dia ragu-ragu, berikan waktu sebelum terburu-buru memberi bantuan.
  6. Ketika membaca cerita bersama-sama, pastikan bahwa anak tidak hanya melafalkan kata-kata, tetapi merasakannya juga. Tanyakan pendapatnya tentang cerita atau karakter-karakter dalam cerita tersebut.
  7. Mulailah dengan membaca beberapa halaman pertama atau paragraf dari cerita dengan suara keras untuk memancing anak. Kemudian mintalah anak membaca lanjutan ceritanya untuk mengetahui yang terjadi selanjutnya.
  8. Variasikan aktivitas dengan meluangkan beberapa sesi untuk melakukan permainan kata-kata sebagai ganti aktivitas mem baca atau mintalah anak untuk mengarang sebuah cerita. Tulislah cerita tersebut dan mintalah anak untuk membaca kembali tulisan tersebut.
  9. Jangan membuat sesi ini sebagai pengganti kegiatan membaca dengan suara keras pada anak. Jika Anda selalu mem- bacakan cerita waktu tidur, pertahankanlah itu, ini akan sangat membantu anak mengenal buku dengan penuh kegembiraan.
  10. Berikan hadiah ketika anak melakukan sesuatu dengan sangat baik atau ketika Anda melihat perubahan yang nyata pada nilai-nilainya di sekolah.

Guru maupun orang tua harus sabar dalam mengajari anak. Pahami setiap kebutuhannya dan mengertilah keadaannya. Anak dengan kesulitan belajar membutuhkan perhatian, peng- artian, dan kesabaran dari orang-orang yang mengajarinya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.