Cara Gampang Bermain Bola Tangan

Cara gampang bermain bola tangan terdapat beberapa teknik yang harus dikuasi oleh pemain. Permainan bola tangan akan berjalan dengan benar apabila mampu menguasai keterampilan dasar bola tangan. Keterampilan dasar yang dimaksud antara lain (1) Bal handling, (2) Drbbling, (3) Passing, (4) Shooting, dan (5) Positioning Setelah mempelajari bab ini Anda akan memahami beberapa keterampilan dasar permainan bola tangan, beberapa latihan penyerangan, dan latthan pcrtahanan.

A. Keterampilan Dasar Ball Handling

Ball bandling adalah salah satu keterampilan paling dasar dalam permairnan bola tangan. Ball handing atau memegang bola diperlukan untuk melatih penguasaan bola agar terlihat selalu melekat di tangan. Hal ini penting sebagai upaya agar bola tidak mudah lepas dari genggaman tangan. Latıhan ball handling dapat dengan memutar bola melewati bawah kaki membentuk angka delapan seperti gambar di bawah in.

B. Keterampilan Dasar Dribbling

Dribbling adalah keterampilan menggiring bola yang bertujuan untuk melakukan penyerangan membawa bola untuk mendekatkannya pada area tembakan. Dribling dalam permainan bola tangan dikenal dengan teknik tiga langkah sekali pantul.” Menggiring bola merupakan suatu pergerakan memantuIkan bola ke lantai secara kontinyu dengan menggunakan setelan tangan atau bertukar tangan tanpa memegang bola. Keterampilan menggiring digunakan dalam 3 situasi; (1) Bergerak bebas bila tidak ada penjagaan lawan; Satu lawan satu; (3) Pemain lawan tidak dapat membuat halangan setelah menerima bola. Berikut beberapa keterampilan dribbling bola tangan.

C. Keterampilan Dasar Shooting

Shooting atau menembak adalah keterampilan melakukan tembakan sebagai bagian usaha untuk mencetak goal dalam permainan bola tangan. Tujuan shooting adalah untuk mencctak goal sebanyak-sebanyaknya ke gawang lawan.

D. Keterampilan Dasar Positioning

Positioning atau mencari posisi adalah keterampilan mencari ruang atau posisi dalam permainan bola tangan yang bertujuan untuk memudahkan lawan mengumpang bola atau menempatkan diri untuk melakukan tembakan. Terdapat berbagal macam keterampilan posittioning dalam permainan bola tangan. Berıkut beberapa keterampilan posilioning bola tangan.

F. Keterampilan Dasar Catching

Catching atau menangkap bola adalah keterampilan untuk menerima bola sebagai akibat dari passing teman. Keterampilan catebing digunakan untuk menerima sekalıgus menguasai bola untuk kemudian digunakan keterampilan lanjutnya baik menumpan, menggiring, atau menembak. Berikut adalah langkah-langkah catehing.

1. Posisi badan

  • Lebar kaki selebar bahu
  • Bahu menghadap ke arah pergerakan bola
  • Kepala dan mata menghadap bola Bag1an atas pinggang condong sedikit ke arah bola
  • Telapak tangan memegang seluruh permukaan bola Siku dibengkokkan sedikit mengıkuti arah datangnya bola

2. Posisi langan

  • Bila mencrima bola setinggi dada, posisi telapak tangan membentuk segitiga dengan ibu jari dan jari telunjuk hampir bersentuhan antara kanan dan kiri.
  • Bila menerima bola setinggi lutut, posisi jari-jari tangan menghadap ke depan dengan kedua jari kelingking saling bersentuhan

G. Keterampilan Dasar Blocking

Keterampilan menghadang (blocking) merupakan kemampuan pemain dalam mengawal pergerakan pemain lawan saat menyerang atau ketika akan membuat gol. Tujuan dari teknik menghadang ialah untuk menghalangi pihak lawan saat melakukan serangan yang mungkin dilakukan hingga memungkinkan terjadinya gol. Berikut adalah keterampilan dasar blocking.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.