Cara Gampang Bersikap Gigih kepada Siswa

Cara gampang bersikap gigih menjadi panduan guru untuk memberikan teladan dan contoh kepada siswa. Proses belajar tidak dapat dilakukan hanya dengan seadanya saja. Akan tetapi, guru dan siswa harus mampu gigih dalam belajarnya. Guru dan siswa tidak boleh menyerah begitu saja dengan keadaan.

Gagasan dan pendekatan yang saya berikan di dalam buku ini bukan merupakan sebuah obat mujarab—suatu formula yang menjamin keberhasilan instan. Apa pun yang dikatakan oleh para teoretikus, tidak ada hal seperti itu dalam mengendalikan perilaku. Bahkan jika Anda mempraktikkan nasihat di dalam buku ini, Anda akan tetap mengalami beberapa masalah dengan perilaku. Di atas itu semua, yang Anda hadapi adalah sifat manusia dengan segala kompleksitasnya yang luar biasa.

baca juga:Cara Gampang Berfikir Terbuka tentang Anak

Di sinilah cara gampang bersikap gigih dapat diterapkan:

  1. Jangan menyerah terhadap strategi karena strategi tersebut tidak berhasil dengan seketika.
  2. Ingat, seluruh waktu yang Anda habiskan untuk melatih keahlian manajemen perilaku Anda, membuat Anda menjadi guru yang lebih baik dan lebih efektif.
  3. Setiap kali sesuatu tidak berjalan seperti seharusnya, pandang hal tersebut sebagai suatu kesempatan untuk belajar—lakukan hal secara berbeda pada kesempatan yang lain.

Pada beberapa sekolah yang sangat menantang, di mana menciptakan perilaku yang baik merupakan perjuangan yang tiada henti, terdapat hari-hari ketika Anda merasa dikalahkan. Anda benar-benar tergoda untuk menyerah akan harapan inti Anda, hanya karena terdapat begitu banyak gangguan yang terjadi sehingga Anda tidak tahu harus mulai dari mana. Namun, ketika siswa melihat Anda berpikir “berbicaralah saat saya bicara, saya tidak peduli” atau “bukanlah masalah jika kalian tidak bersikap hormat”, maka Anda secara efektif menyerah kepada mereka, dan kepada diri Anda sendiri.

Kadang-kadang Anda mungkin akan menemui “kelas dari neraka”. Suatu kelas, yang untuk beberapa alasan, terdiri dari sejumlah besar siswa yang benar-benar nakal, atau gabungan dari siswa-siswa yang aneh. Sekali lagi, sangatlah sulit untuk tetap mengusahakan perilaku yang baik dan mempertahankan standar tertentu, tetapi Anda harus mencoba. Demikian pula, beberapa anak tampaknya akan membuat semua usaha Anda sia-sia. Jangan pernah lupa akan fakta bahwa beberapa siswa memiliki kehidupan yang cukup buruk di luar sekolah. Berusahalah sekeras yang Anda mampu untuk tidak menyerah atas siswa yang selalu mendorong Anda menjauh. Akan tetapi terimalah fakta bahwa Anda tidak dapat mengubah dunia untuk semua orang.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.