Cara Gampang Bersikap Positif dalam Kelas

Cara gampang bersikap positif bagi seorang guru akan membawa suasana dan kondisi pembelajaran menjadi lebih hidup. Suasana yang baik ini akan membantu guru dan siswa belajar untuk menjadi hebat.

“Tekankan hal yang positif” merupakan, atau seharusnya merupakan, sejenis mantra bagi para guru. Semua bidang penghargaan merupakan hal yang sulit. Kadang-kadang kita dapat merasa bahwa kita seakan-akan memuji siswa kita dalam semua hal, atau berusaha membuat mereka berada di sisi kita. Namun, hal ini merupakan suatu kesalahan: jika kita mengatur standar kita di tingkat rendah, maka tingkat yang rendah inilah yang akan dituju oleh siswa kita.

baca juga:Cara Gampang Menerapkan Multiple Intelligence PAUD

Jika kita memiliki standar yang tinggi dan mengharapkan hal yang hebat, siswa kita belajar untuk mengupayakan kemampuan terbaik mereka. Bersikap positif tidak hanya berkaitan dengan memuji siswa Anda, hal ini juga berarti memiliki pandangan positif untuk waktu yang Anda habiskan bersama mereka. Penggunaan pujian yang diskriminatif, dan kemampuan untuk selalu bersikap positif, akan sangat membantu Anda dalam mengelola perilaku. Hal tersebut seharusnya membuat Anda tidak terlalu mudah terpengaruh oleh tekanan dan emosi negatif di tempat kerja Anda.

Berikut adalah cara gampang bersikap positif terhadap siswa Anda:

  1. Sapalah kelas Anda dengan harapan positif—”Senang bertemu kalian kembali, kita akan melakukan hal yang menyenangkan hari ini!”
  2. Harapkan yang terbaik dari kelas Anda, daripada hanya mengantisipasi yang terburuk.
  3. Susunlah apa yang Anda katakan dalam suasana yang positif.
  4. Hindari menuduh siswa-siswa Anda atau mengkritik mereka.
  5. Gunakan sarkasme dengan sangat hati-hati dan benar-benar hindari menggunakan hal tersebut kepada siswa yang lebih muda.
  6. Tanggapi perilaku buruk dengan menyarankan alternatif yang positif.
  7. Gunakan pujian terhadap individu untuk mendorong seluruh kelompok
  8. Gunakan penghargaan sebagai pengganti sanksi semampu Anda.
  9. Tetapkan target untuk memberikan cara-cara positif kepada siswa untuk berkembang.
  10. Pandanglah penyelesaian target sebagai suatu kesempatan untuk memberikan penghargaan.

Berikut ini merupakan dua contoh dari situasi yang sama, seorang guru menyuruh para siswa untuk masuk ke ruangan, untuk menunjukkan perbedaan antara pendekatan positif dan negatif.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.