Cara Gampang Buat Gambar Lepas

Cara gampang buat gambar lepas ini cocok banget untuk kamu yang sedang mikirin cari media pembelajaran. Gambar lepas adalah kumpulan beberapa buah gambar yang berurutan yang berdiri sendiri (berupa lembaran-lembaran besar. (Madyawati, 2014). Ringkasan cerita dituliskan pada belakang gambar. Disarankan gambar lepas ini dibuat dalam ukuran besar agar dapat terlihat oleh anak yang duduk pada bagian belakang. Masing-masing lembar gambar berkesinambungan bertujuan mengetahui urutan-urutan gambar.

Alat dan bahan pembuatan gambar lepas, yaitu:

  • Beberapa lembar kertas gambar ukuran besar/kertas manila.
  • Spidol atau cat warna-warni.
  • Pensil
  • Plastik laminating.

Prosedur pembuatan gambar lepas meliputi

  • Membuat sketsa gambar menggunakan pensil sesuai dengan gambar yang akan mewakili cerita.
  • Membubuhkan warna-warni dengan menarik sesuai dengan setting cerita.
  • Menulis sinopsis/jalannya cerita di bagian belakang
  • Guna perawatan, perkuat dengan plastik laminating.
  • Berikut prosedur bercerita menggunakan gambar lepas
  • Guru/orangtua menyiapkan segala sesuatu termasuk mengatur tempat duduk anak. Kegiatan bercerita dapat menggunakan setting tempat duduk model U, bentuk tapal kuda, atau bentuk setengah lingkaran (bila kegiatan dilakukan di sekolah).

Setelah anak duduk dengan tenang, orangtua dapat menyampaikan cerita tersebut dengan menunjukkan satu per satu gambar sesuai dengan urutan cerita. Orangtua/pendidik mengakhiri cerita dengan bertanya jawab, menyimpulkan serta menggarisbawahi pesan yang terkandung dalam cerita.

Media gambar lepas ini menurut Madyawati (2014) memiliki kelebihan, yaitu:

  • Dapat meningkatkan kegiatan belajar mengajar melalui metode bercerita dengan gambar.
  • Meningkatkan daya imajinasi anak karena anak dapat mencoba menebak-nebak gambar berikutnya.

Adapun kelemahan dari media gambar lepas ini, yaitu: Orangtua/pendidik harus benar-benar menguasai plot/alur cerita sehingga dapat menyajikannya dengan baik dan runtut. Orangtua/pendidik dituntut memiliki perbendaharaan kosakata yang sangat kaya.

Media gambar lepas memungkinkan anak bervisualisasi bahkan lebih dari yang mereka lihat pada gambar tersebut. Gambar lepas juga memudahkan anak untuk mengeksplorasi Ceritanya lebih jauh mulai dari pengalaman yang terjadi sampai menciptakan imajinasi. Melalui gambar lepas dapat ditunjukkan kepada anak suatu tempat dan segala sesuatu dari daerah yang jauh dari jangkauan pengalaman sendiri.

baca juga : Cara Gampang Buat Media Big Book

Samdino, dkk. (2012) mengatakan bahwa, gambar lepas memberikan gambaran tentang sesuatu seperti gambar binatang, orang, dan bunga. Dale (2012) mengatakan bahwa, gambar lepas dapat mengalihkan pengalaman belajar dan taraf belajar dengan lambang kata-kata ke taraf yang lebih konkret, misal guru dalam menjelaskan pelajaran. Seseorang akan mudah menyampaikan pesan-pesan lewat gambar daripada dengan kata-kata. Adapun manfaat gambar lepas sebagai media

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.