Cara Gampang Mengenal Jenis dan manfaat Mentimun

 

Cara gampang mengenal jenis dan manfaat mentimun menjadi hal yang wajib diketahui oleh petani atau oleh orang yang ingin menanam mentimun. Untuk memperoleh hasil yang maksimal tentunya seorang petani harus mengetahui jenis – jenis mentimun yang unggul dan laku dipasaran secara umum. Keadaan ini menjadi bekal bagi petani untuk memperoleh hasil panenan yang maksimal. Selain untuk memperoleh hasil panenan yang maksimal petani juga dapat memperoleh manfaat dari menanam mentimun.

baca juga:Cara Gampang Pengolahan Lahan Tanam Tomat

Jenis-jenis Mentimun

Mentimun merupakan tanaman yang menjalar. Batang berbulu, dan berbuku-buku. Daun melebar berbentuk jantung dan berwama hijau, mempunyai tulang-tulang daun dan tumbuh di antara ruas-ruas batang. Mentimun mempunyai bunga sempurna berwarna kuning berbentuk sep─Śrti terompet. Bunga mentimun bentuknya bermacam-macam, dan letaknya di ketiak daun Biji mentimun berbentuk pipih, dan sebagai alat untuk perkembangbiakan tanaman. Mentimun berkembang biak dengan cara generatif (dengan biji).

Pada dasarnya, imentimun dikelompokkan menjadi dua golongan, yaitu mentimun yang buahnya terdapat bintil-bintil dan mentimun yang tidak berbintil-bintil. Cara gampang mengenal golongan yang tidak berbintil-bintil ada tiga macam, antara lain:

Mentimun biasa

Cirinya kulit tipis, lunak, bila sudah tua berwarma kecoklat-coklatan,

Mentimun Watang

Cirinya kulit tebal, agak keras, bila sudah tua berwarna kuning tua.

Mentimun Wuku

Cirinya kulit agak tebal, bila masih muda berwarna agak coklat. Mentimun yang mempunyai rasa manis, dan sebagai bahan campuran minuman adalah benar an yang bak mentimun Suri (Puan).

Selain jenis mentimun di atas, sekarang banyak dikembangkan jenis hibrida yang mempunyai nilal ekonomi tinggi. Sebagai gambaran dari berbagai jenis mentimun dapat kita lihat pada gambar berikut ini

Manfaat Mentimun

Tanaman mentimun pada umumnya dijadikan sebagai bahan sayuran. Namun masih banyak manfaat lainnya, yakni

  1. Sebagai bahan campuran minuman es Sirup.
  2. Mentimun Sebagai bahan kosmetik
  3. Sebagai obat jerawat, noda hitam, kerut-kerut di wajah
  4. Dapat memperlancar buang air kecil pada penderita hipertensi
  5. Penawar keracunan pada kehamilan
  6. Bijinya dapat menyebabkan rasa hangat bila dioleskan pada kaki setelah sebelumnya dilumatkan terlebih dahulu.

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.