Cara Gampang Mengidentifikasi Pembaca Karya Ilmiah

Cara gampang mengidentifikasi pembaca karya ilmiah sangat mudah penulis lakukan setelah memperoleh topik yang definitif untuk dikembangkan lebih lanjut, langkah berikutnya yang harus Anda lakukan pada tahap persiapan penulisan adalah mengidentifikasi calon pembaca tulisan. Salah satu ciri tulisan yang efektif adalah membantu pembacanya mengerti sesuatu yang diuraikan di dalamnya. Kewajiban seorang penulis karya ilmiah di sini adalah memuaskan kebutuhan pembacanya akan informasi. Salah satunya dengan cara menyampaikan pesan yang ditulisnya agar mudah dipahami oleh pembacanya.

Cakupan Isi

Dengan kata lain, peneluis sudah harus mengidentifikasi siapa kira-kira yang akan membaca tulisan Anda tersebut. Hal ini penting karena dengan mengetahui latar belakang pengetahuan dan minat pembaca. Hal ini akan mempermudah Anda dalam mengorganisasikan materi sajian dan cara penyampaiannya. Selain itu, fokus pembicaraan pun menjadi semakin jelas dan spesifik.

baca juga:Cara Gampang Menentukan Cakupan Isi Materi Karya Ilmiah

Penentuan siapa yang akan menjadi pembaca tulisan Anda pun harus dilakukan dengan jelas dan persis. Apa yang dibutuhkan pembaca dari tulisan Anda. Contohnya, dalam kontrak kuliah yang dikeluarkan dosen Anda dinyatakan bahwa setiap mahasiswa harus membuat makalah pendek. Tema makalah pendek tentang fluktuasi harga salah satu sembako pada bulan tertentu di suatu pasar. Dosen Anda ingin mengetahui sampai sejauh mana materi yang disampaikannya dalam kuliah dapat Anda serap dan Anda terapkan di lapangan.

Oleh sebab itu, jika makalah yang harus Anda buat adalah makalah yang berisi tentang hasil survei Anda terhadap fluktuasi harga cabe merah keriting di pasar Ciputat. Lalu keadaan tersebut dikaitkan dengan konsep hukum penawaran dan permintaan yang Anda pelajari di bangku kuliah. Kemudian, lakukan analisis terhadap permasalahan tersebut, dan seterusnya. Semua yang Anda tulis, harus menggambarkan penalaran Anda terhadap materi yang diajarkan oleh dosen Anda tersebut. Sehingga dosen Anda dapat menilai tingkat pemahaman Anda terhadap materi Hukum Penawaran dan Permintaan tersebut. Jadi, dalam hal ini yang akan membaca makalah Anda adalah dosen Anda.

Demikian pula, apabila Anda menulis untuk pembaca yang lain, misalnya untuk atasan, teman sejawat, mahasiswa atau masyarakat umum. Maka kembali Anda harus mempertanyakan apa yang dibutuhkan pembaca dari tulisan Anda tersebut. Apakah sebelumnya pembaca sudah mengetahui topik yang akan Anda tulis. Dalam hal ini Anda perlu tahu, misalnya apakah masih harus menggunakan terminologi dasar dalam menguraikan topik yang ditulis ataukah sebaliknya. Jika menggunakan terminologi dasar justru akan membosankan atau merendahkan intelektualitas pembaca. Siapakah pembaca tulisan Anda tersebut? Apakah mereka berlatar belakang minat dan pendidikan yang sama ataukah bervariasi.

Hal-hal tersebut perlu penulis pertimbangkan agar dapat menentukan Cara gampang mengidentifikasi pembaca. Dengan kata lain, pengetahuan Anda mengenai kebutuhan dan minat pembaca serta latar belakang mereka.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.