Cara Gampang Pemberangkatan Penjelajahan

Cara gampang pemberangkatan penjelajahan merupakan salah satu kegiatan dalam lanjutan dalam kegiatan persiapan penjelajahan. Setelah melakukan persiapan penjelajahan yang baik maka langkah selanjutnya pemberangkatan.

a. Tahap pemberangkatan

1) Upacara pemberangkatan

Apabila jarak lokasi penjelajahan dekat dengan sekolah, pemberangkatan peserta dapat dilaksanakan dengan berjalan kaki. Namun bila jaraknya berjauhan dapat menggunakan kendaraan. Sebelum pemberangkatan, hendaknya didahului dengan upacara guna disiplin bagi peserta.

2) Tata cara pemberangkatan

Para pejabat yang akan melepas pemberangkatan telah siap di tempat yang telah ditentukan. Sebelum peserta diberangkatkan, terlebih dahulu kepada peserta diberikan rute yang akan ditempuh/ disinggahi. Rute penjelajahan yang akan ditempuh/disinggahi, misalnya berangkat dari halaman sekolah menuju ke (Pos I), kemudian menuju ke (Pos II), selanjutnya ke (Pos III).

3) Pelaksanaan pemberangkatan

  • Setiap peserta kelompok diberangkatkan berdasarkan urutan, kemudian langsung berjalan atau menuju masing-masing pos sesuai dengan pengaturan dari panitia.
  • Sebelum pemberangkatan, petugas mengingatkan kembali hal-hal yang perlu dilakukan oleh setiap peserta. )
  • Petugas meneliti kembali jumlah peserta di dalam perjalanan.
  • Sepanjang perjalanan (dari pemberangkatan ke Pos 1, Pos Il dan Pos l1I) semua peserta diharuskan mengamati apa yang terlihat disepanjang perjalan.

b. Tahap penjelajahan

Cara gampang pemberangkatan penjelajahan merupakan akhir dari kegiatan menuju tempat yang dituju. Dalam Jdtan ini peserta akan mengalami suasana yang lain dari perjalanan sebelumnya. Kegiatan ini  dilakukan dengan berjalan kaki secara berkelompok, dari lokasi (Pos 1) menuju (Pos II) dan terakhir pai pada (Pos III). Penjelajahan dilakukan dengan melintasi/menelusuri desa (perkampungan) sambil mengamati pola kehidupan masyarakat setempat, melintasi/ menelusuri perkebunan/perbukitan mengamati jenis flora dan fauna serta melintasi/ menelusuri sungal, persawahan dan perbukitan.

Di antara lintasan penjelajahan ini terdapat dua Pos yang harus disinggahi oleh peserta. Kegiatan ini dapat memberi makna penyegaran suasana, menimbulkan kesenangan dan kepuasan, penanaman rasa sosial dan cinta terhadap alam dan lingkungannya.

c. Peserta penjelajahan

  • Terdiri atas beberapa orang sesuai dengan jumlah sekolah dan siswa.
  • Tiap regu terdiri atas 10 orang siswa putra dan putri ditambah 1 orang guru pembina.

d. Perlengkapan penjelajahan

  • 1) Tongkat kayu/bambu
  • Tali pramuka Sarung tangan
  • Pluit
  • Alat-alat tulis
  • Perlengkapan P3K
  • Air minum
  • Topi
  • Jas hujan
  • Sepatu karet
  • Senter

e. Pelaksanaan penjelajahan

Pelaksanaan pemberangkatan penjelajahan dilaksanakan dengan urutan sebagai berikut.

  1. Jumlah regu yang akan diberangkatkan sebanyak regu yang mengikuti.
  2. Jumlah regu terdiri atas 10 orang anggota dan l orang pimpinan regu (11 orang).
  3. Regu yang akan diberangkatkan disesuaikan dengan nomor urut pendaftaran.
  4. Pemberangkatan regu pertama dilakukan oleh petugas yang ditunjuk, sehingga sampai pada pemberangkatan regu yang terakhir.
  5. Interval waktu pemberangkatan antara regu satu dengan lainnya adalah 3 menit.
  6. Pemberangkatan setiap regu ditandai dengan pengangkatan bendera.
  7. Selama dalam perjalanan semua peserta diharuskan melewati lintasan (rute) yang telah ditentukan antara lain sebagai berikut: a) Melintasi/menelusuri desa (perkampungan) sambil mengamati pola kehidupan masyarakat setempat.  b) Melintasi/ menelusuri hutan, perkebunan, perbukitan sambil mengamati dan mencatat jenis-jenis flora dan fauna yang mereka jumpai selama dalam perjalan. c) Melintasi/menelusuri sungai, parit dan persawahan. Semua peserta harus melewati/singgah di pos yang telah ditentukan (2 pos).
  8. Setelah tiba di lokasi yang dituju, semua peserta melapor pada tempat yang telah ditentukan.
  9. Semua peserta diberi kesempatan beristirahat selama t15 menit, sebelum melaksanakan kegiatan berikutnya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.