Cara Gampang Pengaturan Suhu Badan

Cara gampang pengaturan suhu badan pada makhluk homoioterm (Manusia) dan (poikiloterm (katak) merupakan cara untuk mengatur perbedaan suhu yang terjadi pada dua makhluk yang berbeda. Semua proses fisiologik merupakan reaksi kimia-fisika yang kecepatan reaksinya sangar tergantng pada suhu di sekitarnya. Eecepatan reaksi kimia ini berubah pada suhu yang sempit untuk berfungsi optimal, maka fungsi badan yang normal tergantung kepada sunu badan yang relatif konstan.

Makluk avertebrata pada umumnya tidak dapat menyesuaikan suhu badannya, sehingga hidupnya tergantung belas kasih lingkungannya. Pada vertebrata mekanisme untuk mempertaiankan sułu badan, yaitu menyesuaikan produksi panas dengan kehilangan panas, telah berkembang. Pada reptillia, amfibia (katak) dan ikan, mekanisme penryesuaian ini relatif rudimenter. Binatang ini disebut binatang “berdarah dingin” (poikiloterm) oleh karena suhu badan berubah-ubah dalam kisaran tertentu.

Pada burung dan mammalia (manusia), makluk “berdarah panas” (homoiterm) ada sekelompok retleks respons, yang terutama terpadu di hipotalamus, yang bekerja untuk mempertahankan suhu badan dalam kisaran sempit walaupun ada perubahan besar pada suhu lingkungannya.

Tujuan:

Tujuan percobaan ini ialah untuk mengamati sendıri perubahan suhu badan amfibi (katak) dan konstanrya suhu mammalia (manusia / orang coba). Suhu Badan Binatang Poikilotem.

Karena niekanisme regulasinya udimenter maka pengaturan suhu badan pada binatang poikalotenn praktisnya tidak ada. Jika suhu sekelilingnya turn sampai kira-kira 0 derajat C, binatang poikilolem dapat nietunda segala aktivitas hidupurya, karena semua proses fisiologik badan akan berlangsuie lambat. Hal ini umpamanya terjadi pada binatang poikoloterm pada musinn dingin. Pada beberapa mammalia meskipun pengahuran suhu badan sempurna, aktivitas hidupnya me lambat juga pada musim dingin kerena persedian makanan dan fasilitas hidup sekelilingnya juga berkurang pada musim dingin. Pada manmalia tersebut suhu badan dapat dihnunkan untuk mengurangi kecepatan semua proses fisiologik.

Suhu badan mammalia (Homoioterm)

Mekanisine pengaturan suhu badan berkembang sempurna pada mamnalia. Meskipun demikian suhu badannya tidak selalu konstan sepanjang hari dan demiian pula di semua bagian badan. Perubahan harian disebabkan oleh irama sirkadian, sedangkan perbedaan suhu di berbagai bagian badan karena perbedaan struktur dan susunan bagian terstbut.

Batas-bata perubahan dan perbedaan itu masih dibawah 0,5°C. Sunu badan yang paling konstan dan tinggi ialah dari visera yang terdapat di dalam rongga badan. Suhu amus (dubur) yang menunjukkan suhu pada inti badan dan berubah sedikit sekali karena perubahan suhu lingkungan. Suhu ketiak dipengauhi oleh keringat dan lapisan lemaknya, sedangkan suhu di bawah lidah dapat dipenganuhi suhu makanan, pemafasan mulut, merokok atau mengulum.

Cara gampang pengaturan suhu dapat dilihat pada postingan pengaturan suhu part 2 berikut ini:

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.