Cara Mendaftarkan Jurnal ke Portal Garuda IPI

Logo LIPI
Assalamualaikum
Kali ini saya akan membagikan materi indeks ke portal garuda IPI, dari salah satu anggota Relawan Jurnal Indonesia.
Selamat bagi para pengelola jurnal di Indonesia, sekarang pengelola berkesempatan untuk mengindeks-kan jurnalnya ke portalgaruda.org (IPI). Sistem indeksisasi IPI yang masih terus dikembangkan oleh Tim ini berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik yang akan banyak memberi keuntungan bagi para pengelola jurnal dan para pengguna referensi ilmiah untuk kepentingan akademis dan riset. Bagi pengelola akan memudahkan promosi jurnal dan memudahkan penyebaran jurnal di seluruh pelosok negeri Indonesia dan juga di luar negeri. Hal ini akan meningkatkan sitasi yang merupakan salah satu tolok ukur utama dalam penilaian kualitas jurnal. Bagi para pengunjung tentu saja akan sangat terbantu dalam kemudahan mencari referensi melalui satu pintu portalgaruda.org dan sekaligus dapat secara langsung mendownload full-text dengan sangat mudah.
Syarat pertama jurnal yang bisa di-index oleh “IPI: Indonesian Publication Index” adalah bahwa terbitan harus terdaftar di negara Indonesia yang ditunjukkan dengan nomor ISSN. Syarat berikutnya adalah bahwa jurnal tersebut sudah pernah terbit minimal satu kali nomor issue dengan minimal jumlah paper adalah 5 artikel. Berikut adalah tahap-tahap pendaftaran jurnal ke IPI:
Pendaftar jurnal baru harus mengisi formulir secara online Disini  selengkap mungkin.
Jika pengisian form diatas sukses maka pendaftar akan menerima balasan email dari portalgaruda.org berupa konfirmasi bahwa pendaftaran sudah diterima.

Pendaftar menunggu evaluasi dari tim pengelola Portal Garuda IPI untuk menyampaikan keputusannya. Pengelola IPI berhak menerima atau menolak permohonan indeksisasi jurnal yang tidak memenuhi standar yang telah ditentukan.
Sebagai tambahan informasi penting bagi para pengelola, bahwa jurnal yang sudah menggunakan sistem informasi manajemen jurnal secara online khususnya yang sudah mendukung OAI (Open Archive Initiative), sebagai contoh seperti OJS PKP (Open Journal System) menjadi salah satu prioritas bagi kami.
Jika jurnal yang diajukan sudah dinyatakan diterima maka pihak pengelola IPI akan segera memasukkan terbitan jurnal ke dalam database IPI. Bagi yang sudah menggunakan sistem OJS PKP maka pihak IPI akan mengambil data secara semi otomatis, tetapi bagi jurnal yang tidak mendukung OAI maka pihak pengelola harus mengirimkan metadata setiap terbitan kepada pihak pengelola IPI.
Semoga IPI bisa memberikan pelayanan yang baik untuk Anda dan Indonesia.

Contoh Formulir yang sudah diisi

Contoh Tampilan jika sukses mengirimkan Formulir

Demikian semoga bermanfaat, Amin
Wassalamualaikum

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.