Cara menyematkan video Youtube pada postingan Blog

Assalamualaikum
Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan tutorial menyematkan video youtube pada postingan Blog. 
Sebelum saya masuk pada materi tutorial tak ada salahnya saya bahas apa itu youtube dan bagaimana cara kerjanya.
YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video
Youtube adalah situs web yang menyediakan berbagai macam video mulai dari video klip sampai film, serta video-video yang dibuat oleh pengguna youtube sendiri. Tidak sedikit orang-orang yang menjadi terkenal hanya dengan meng-upload video mereka di youtube. Oleh karena itu youtube menjadi salah satu pilihan bagi mereka yang ingin mencoba peruntungan. Mulai dari menyanyi atau pun menari bisa menjadi sebuah pilihan. Tidak sedikit artis-arti masa kini yang awalnya terkenal karena youtube. Ambil saja contoh Justin Bieber atau dari negri sendiri seperti Sinta dan Jojo. Mereka bisa berhasil sampai seperti sekarang ini adalah berkat youtube dan juga penggunanya yang membuat video-video mereka menjadi viral dan menarik perhatian para produser rekaman.
Adapun beberapa manfaat lain bagi para pengguna youtube adalah sarana untuk memasarkan produk. Bagi anda yang memiliki usaha dapat menggunakan website ini dengan cara mengupload video anda tersebut ke youtube sehingga bisa dibilang sebagai sarana iklan yang gratis. Manfaat lainnya adalah dapat berbagai ilmu. Bukan hanya sebagai sarana hiburan, namun beberapa pengguna youtube juga mengupload bermacam-macam tutorial yang sangat berguna. Contohnya seperti resep masakan atau tutorial untuk memainkan alat musik sehingga anda tidak harus kursus jauh-jauh atau mengeluarkan biaya yang banyak.
Namun tidak sedikit juga kekurangan yang dapat membahayakan penggunanya. Contohnya seperti banyaknya informasi yang menyesatkan. Sebaiknya anda sangat berhati-hati. Dilihat dulu apakah sumbernya sudah jelas dan sebaiknya dibaca dulu bagaimana komentar-komentar pengguna youtube yang lain tentang video tersebut. Kekurangan selanjutnya adalah bagi mereka yang memiliki koneksi internet kurang baik. Gambar akan tersendat-sendat dan membutuhkan waktu lama untuk meloading keseluruhan videonya.
Itu sekilas informasi tentang youtube, selebihnya silahkan baca-baca di website atau blog yang menyediakan informasi tersebut.
Langkah-langkah menyematkan Video youtube pada Postingan Blog

1. Login ke Dashboard Blogger anda
2. Klik New Entri
3. Klik HTML pada bagian kiri atas
4. Pilih video yang ingin anda sematkan pada youtube

Misalnya Video wisudawan STKIP Tambusai tahun 2016, seperti nampak pada gambar dibawah ini 
 

Klik pada Video yang anda inginkan, misalnya Wisudawan STKIP Tambusai 2016
kemudian akan muncul tampilan berikut ini
nomor 1 Klik Bagikan
nomor 2 Klik Sematkan
nomor 3 Kopi Kode HTML yang tampil di kolom nomor 3
Jika langkah ini sudah dilakukan, lanjutkan pada langkah berikutnya.
5. Paste Kode HMTL yang sudah di kopi tersebut ke Halaman Postingan anda.
6. Atur posisi sesuai dengan keinginan anda
    Misalnya Kode berikut ini
<iframe width=”560″ height=”315″ src=”https://www.youtube.com/embed/wjWcWxssd5U” frameborder=”0″ allowfullscreen></iframe>
Ubah nilai width (lebar video) dan height (tinggi video) sesuai dengan keinginan anda. Beri sedikit pengantar video yang anda sematkan sesuai dengan tema atau maksud anda menyematkan video ini diatas atau dibawah video yang anda sematkan. kemudian Publish dan share ke media sosial anda.
Demikian tutorial ini semoga bermanfaat..
Wassalamualaikum

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.