Fungsi dan manfaat Karya Ilmiah

Fungsi dan Manfaat Karya Ilmiah

Fungsi dan manfaat karya ilmiah adalah sebagai rujukan atau reference dalam menyiapkan karya tulis ataupun dalam menyiapkan satu pertemuan yang berbau ilmiah. Karya ilmiah berfungsi untuk meningkatkan wawasan dalam bidang ilmu. Selain kedua fungsi tersebut, masih ada beberapa fungsi lagi yang dapat diperankan oleh karya ilmiah. Info menarik menyajikan informasinya sebagai berikut.

Fungsi Karya Ilmiah

Terdapat setidaknya terdapat 3 fungsi karya ilmiah yaitu;

  1. Sebagai rujukan atau reference dalam mempersiapkan karya tulis atau kegiatan ilmiah, seperti seminar, melakukan penelitian, diskusi panel.
  2. Fungsi edukatif, yaitu sebagai sarana pendidikan yang dapat meningkatkan wawasan seseorang dalam berbagai bidang ilmu.
  3. Karya ilmiah juga berfungsi menyebarluaskan perkembangan bidang ilmu kepada masyarakat luas atau kelompok tertentu yang terkait. Dalam hal ini karya ilmiah mempunyai fungsi yang sangat sentral karena tanpa adanya karya ilmiah, ilmu baru yang sedang berkembang hanya akan dimiliki oleh segelintir orang. Dengan demikian, karya ilmiah dapat dikatakan mempunyai fungsi diseminatif . / nyebar luceylan lineal seminar – serumnal).

Manfaat Karya Ilmiah

Manfaat karya ilmiah dapat kita kelompokkan menjadi dua, yaitu manfaat untuk masyarakat luas dan manfaat untuk penulis sendiri. Sesuai dengan fungsinya, untuk masyarakat luas, karya ilmiah dapat dimanfaatkan sebagai rujukan (reference), sumber untuk perluasan wawasan, serta mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi.

Khusus bagi penulis, penulisan karya ilmiah mempunyai manfaat yang sangat besar. Enam manfaat karya ilmiah adalah sebagai berikut.

  1. Mengembangkan keterampilan membaca yang efektif karena ia harus membaca berbagai rujukan sebelum menulis.
  2. Penulis mendapat kesempatan berlatih mengintegrasikan hasil bacaan dengan gagasan sendiri, kemudian mengembangkannya menjadi pemikiran yang lebih matang.
  3. Mengakrabkan penulis dengan kegiatan perpustakaan, seperti menggunakan katalog dalam mencari buku yang diperlukan.
  4. Meningkatkan keterampilan dalam mengorganisasikan dan menyajikan fakta dan data secara jelas dan sistematis.
  5. Dengan menulis karya ilmiah, penulis akan merasakan kepuasan intelektual, yaitu satu kepuasan yang berkaitan dengan kemampuan untuk menyajikan satu khazanah pengetahuan.
  6. Dengan menulis karya ilmiah, penulis ikut menyumbang bagi perluasan cakrawala ilmu pengetahuan masyarakat.

Dari manfaat dan fungsi di atas, Anda dapat memahami Cara gampang mengetahui fungsi dan manfaat karya ilmiah. Fungsi dan Manfaat itu bahwa dengan menulis karya ilmiah, Anda dapat menyumbangkan sesuatu untuk masyarakat, di samping yang terpenting mengembangkan kemampuan Anda sendiri.

Kegemaran membaca merupakan modal dasar dalam menulis, termasuk menulis karya ilmiah. Anda tidak mungkin menulis sesuatu dengan hanya mengandalkan apa yang ada dalam kepala Andameskipun banyak orang yang mengatakan bahwa ia terbiasa menuangkan langsung berbagai gagasan dari luar kepala.

Sumber: https://www.bola.com/ragam/read/4428285/pengertian-karya-ilmiah-ciri-ciri-tujuan-struktur-dan-manfaatnya

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.