Cara Gampang Menjaga Kesehatan Mata

Kondisi Cara gampang menjaga kesehatan mata menjadikan sebuah alternatif dalam merawat tubuh kita. Merat mata menjadi salah satu organ tubuh yang penting dan vital bagi kehidupan kita. Peran mata dalam kehidupan sangatlah penting untuk membantu kehidupan sehari – hari. Mata merupakan indra penglihatan manusia. Manusia normal biasanya membaca, melihat pemandangan, dan menonton televisi menggunakan mata. Banyak fungsi yang dapat manusia rasakan dengan terjaganya kesehatan mata.

Mata termasuk bagian tubuh yang sensitif. Mata mudah terinfeksi oleh benda yang masuk ke dalamnya, misalnya debu. Saat bepergian, mata sering terkena debu sehingga terasa perih. Saat kemasukan debu, mata akan mengeluarkan air mata untuk membersihkan debu yang masuk ke mata secara alami. Air mata juga berguna untuk menjaga kelembapan mata.  Mata dapat secara alami membersihkan kotoran yang masuk ke dalamnya. Namun, kebersihan dan kesehatan mata harus tetap dijaga.

baca juga:Cara Gampang Mengenal Bahaya Rokok

Cara gampang menjaga kesehatan dan merawat mata agar tetap sehat dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.

1. Membaca buku di tempat yang terang, dengan jarak kurang lebih 30 sentimeter, dan posisi buku harus benar. jarak pandang atau jarak baca pun juga disesuaikan dengan besar kecilnya bacaan dan kecerahan warna dari obyek baca tersebut.

2. Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A, misalnya wortel.

3. Tidak terlalu dekat pada waktu menonton televisi.

4. Tidak Terlalu lama bermain handphone.

5. Tidak Terlaku lama dihadapan laptop.

5. Tidak memegang mata dengan tangan yang kotor.

Mata yang sering terkena debu atau kotoran rentan terhadap infeksi oleh kuman. Kondisi mata menjadi berwarna merah dan terasa pedih. Mata yang telah terinfeksi kuman harus diobati dengan menggunakan obat tetes mata.

Kelainan pada mata juga dapat disebabkan oleh kebiasaan buruk yang sering dilakukan. Salah satu kelainan mata adalah mata minus. Minus dapat terjadi karena jarak baca yang terlalu dekat. Penderita tidak dapat melihat benda yang jauh letaknya. Mata minus biasanya disebabkan membaca di tempat yang kurang cahaya dengan posisi yang salah. Penderita mata minus dapat ditolong dengan kacamata minus.

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.