Memahami kajian filsafat dengan cara mudah

Memahami Kajian Filsafat secara Mudah

Info menarik kali ini membahasa mengenai Memahami Kajian Filsafat secara Mudah dengan memberikan penjelasan sederhana.

Aspek ontologi, epistemologi, dan aksiologi adalah grand central tema bahasan dalam dunia filsafat.

Ontologi berarti melihat hakikat sesuatu
Epistemologi adalah cara memperoleh pengetahuan
Aksiologi adalah teori nilai tentang kegunaan pengetahuan yang diperoleh

Setiap kajian disiplin suatu ilmu, biasanya ada aspek-aspek tertentu yang mendominasi bersifat mayor, disamping ada juga aspek lain yang yang akan menjadi aspek pendukung yang bersifat minor. Terlebih lagi jika kajian ini membahas dari suatu induk. Induk yang dimaksud di sini ialah induk pengetahuan itu sendiri atau sering disebut dengan ‘filsafat’, sebelum melahirkan turunannya yang kemudian menjadi berbagai cabang berbagai disiplin ilmu pengetahuan.Tiga hal tersebut itu adalah ontologi, epistemology, dan aksiologi, akan selalu menjadi prolog suatu pembahasan sehingga dapat membedakan akar suatu pembahasan dengan pengetahuan yang melingkupi suatu akar pembahasan.

Kajian Filsafat

Di banyak kesempatan sebagian orang malah justeru tiga pembahasan tersebut (ontology, epistemology, dan aksiologi) diposisikan sebagai tiga cabang dari filsafat itu sendiri.

Ontologi

Adapun ontologi dimaksud di sini adalah suatu kajian yang ditujukan untuk menjawab pertanyaan “apa”, sehingga ini sangatlah mendasar dan awal sebelum membahas hal yang lainnya. Pembahasan pertama dari tema apapun seharusnya diawali dengan menjawab “apa”, sehingga akan teridentifikasi batasan-batasan apa yang menjadi kajiannya.

Epistemologi

Sementara tahapan berikutnya adalah epistemologi, yaitu bagaimana mencari berbagai pengetahuan yang berhubungan dan berkaitan terhadap jawaban “apa” yang dimaksud di kajian ontologi seperti tersebut di atas. Adapun langkah berikutnya adalah, tidak hanya cukup dengan mendefinisikan ‘apa sesuatu’ itu tetapi harusnya melengkapi berbagai macam halnya tentang ‘sesuatu’ yang sedang menjadi objek pembahasan. Oleh karena itu berbagai pengetahuan yang berkaitan dengan ‘sesuatu’ yang sedang menjadi objek pembahasan menjadi target utama aspek epistemologi ini, guna melahirkan suatu disiplin ilmu tertentu. Hanya dengan dua aspek utama inilah lalu kemudian lahir berbagai cabang ilmu dan cabang pengetahuan hingga kini berkembang begitu pesat tidak seperti awal mula filsafat muncul yang hanya melahirkan beberapa disiplin ilmu seperti; logika, biologi, sosiologi, etika, estetika, ekonomi, dan metafisika. Tetapi lahir berbagai disiplin ilmu pengetahuan dari induknya yaitu filsafat, dengan melalui tiga aspek utama yang sangat penting telah diletakkan oleh para filosof Yunani bahkan hingga kini; ontologi, epsitemologi, dan aksiologi. Melengkapi pertanyaan dari “apa” yang ada di kajian “ontologi’, kemudian penjelasan tentang pertanyaan dari pertanyaan “bagaimana” yang ada di kajian “epitemologi” ini, lalu kemudian dilengkapi dengan apa yang dikaji dalam aksiologi.

Aksiologi

Karena aksiologi ini membahas tentang daya manfaat dan daya guna dari bahasan tersebut, apakah memberi kemanfaatan dan berguna ataukah tidak memberikan manfaat dan tidak berguna.

Sumber: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Proceedings/article/view/4056

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.