Tutorial Memasang Template Blog untuk Pemula

Memiliki desain yang indah atau keren pada suatu blog adalah kebahagiaan tersendiri bagi seorang blogger, walaupun sebenarnya desain bukanlah bagian yang menentukan kualitas sebuah blog. walaupun menggunakan desain dari template blog yang sederhana tetapi dengan konten dan gaya menulis yang menarik, bisa jadi lebih berkualitas dibanding yang menggunakan desain dari template yang premium sekalipun tetapi dengan konten yang tidak jelas, bahkan berisi plagiasi didalamnya.

Namun demikian dengan desain yang menarik akan menambah motivasi pemilik blog dalam menulis dan mengupdate postingannya. Desain blog ditentukan oleh template yang dipasang pada blog kita.

Template blog atau Template website itu adalah desain-desain halaman blog ataupun halaman website beserta seluruh komponennya baik berupa file statis maupun file dinamis yang berupa program atau aplikasi yang berjalan sebagai aplikasi web. Template bisa juga anda artikan sebagai tema blog atau tampilan atau desain blog.

Dibawah ini akan saya uraikan Tutorial memasang template blog dengan template sesuai dengan keinginan kita.

Jika anda masih belum punya template blog, silahkan unduh disini
Tutorial langkah-langkah memasang template blog

Langkah Pertama 
Login akun anda pada Blogger Klik Disini
kita akan disuguhi menu login dengan menggunakan akun google, masukkan gmail dan password anda, jika sudah berhasil maka akan tampil blog yang sudah kita buat, seperti tampak pada gambar berikut.



Langkah Kedua

Pilih salah satu blog yang akan dipasang template baru yang sesuai dengan yang kita inginkan dengan mengklik tanda panah bawah pada nama blog kita, kemudian klik template

Lebih jelasnya lihat gambar berikut ini


Kemudian akan muncul pilihan sesuaikan dan edit html
Kali ini kita akan menggunakan opsi edit html

Setelah kita memilih edit html maka akan ditampilkan kode-kode html blog kita seperti terlihat pada gambar berikut ini


Sampai pada tahap ini, kita akan memulai memasang template yang kita inginkan dengan membuka file template yang telah kita miliki. Tetapi biasanya bagi yang belum terbiasa, akan menghadapi kesulitan dalam membuka file template yang ber ekstensi xml.

Bagi yang belum terbiasa membuka file ekstensi xml, silahkan lihat gambar berikut ini langkah-langkah membuka file xml.



Dalam tutorial ini saya menggunakan wordpad, salah satu perangkat lunak bawaan windows yang tempilannya lebih familier dan mudah kita baca.

Langkah Ketiga
Copy seluruh isi file template yang sudah kita buka tadi dengan cara tekan tombol Ctrl A pada keyboard (tujuannya untuk memblok semua kode) kemudian tekan Ctrl C (mengkopi) kemudian Hapus semua kode html pada template blog kita dengan menekan Ctrl A (memblok/memilih semua) kemudian tekan delete.

Setelah kotak template blog kita sudah kosong, maka kita bisa langsung men Paste kode html template yang kita inginkan.

Langkah keempat
Langkah terakhir pada pemasangan template blog adalah klik simpan template yang berada di kanan atas kotak kode html template blog.

Setelah rangkaian langkah diatas dapat lancar, maka kita langsung bisa melihat hasil dari desain/tema blog kita dengan mengklik tombol Lihat Blog yang disediakan di kanan atas.

Apabila template yang kita gunakan belum sesuai dengan yang kita inginkan, kita bisa menggantinya lagi dengan template yang lain, sampai kita rasa sesuai dengan yang kita inginkan.

Demikian tulisan saya mengenai tutorial memasang template blog, semoga bermanfaat bagi pembaca, utamanya blogger pemula. 

Baca juga tulisan saya yang lain mengenai mengatur menu navigasi blog

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.