Cara Gampang Bikin Media Boneka Tangan

Cara gampang bikin media boneka tangan dapat digunakan oleh para pendidik. Media boneka tangan adalah boneka yang dijadikan media atau alat bantu yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Jenis boneka yang digunakan adalah boneka tangan yang terbuat dari potongan kain. Boneka tangan ini ukurannya lebh besar daripada boneka jari dan dapat dimasukkan ke dalam tangan. Jari tangan dapat dijadikan pendukung gerakan tangan dan kepala boneka. (Gunarti, 2013). Jadi, boneka tangan ini boneka yang dijadikan sebagai media atau alat bantu yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran, yang berukuran lebih besar daripada boneka jari dan dimasukkan ke dalam tangan.

Bentuk boneka tangan

Boneka tangan ini berbentuk tiruan dari manusia dan binatang. Boneka merupakan salah satu model perbandingan, tetapi boneka ini pada dasarnya memiliki karakteristik khusus. Dalam penggunaannya dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Boneka tangan adalah bentuk tiruan dari bentuk manusia atau bentuk hewan yang khusus cara menggunakannya yaitu dengan cara menggunakan tangan, seperti yang dipakai pada boneka tangan si Unyil. (Gunawan, 2012).

Boneka tangan dapat dibuat dari bahan yang lunak, seberti hasil daur ulang kertas, kain flanel atau bahan lunak lainNya yang aman bagi anak. Boneka tangan hanya terdiri dari kepala dan tangan saja. Wajah boneka dan baju yang dipakai boneka tangan disesuaikan dengan penokohan, dengan karakter masing-masing, misalnya: petani, penjual jamu, atau pekerja kantoran, dan ibu mengenakan baju kebaya. (Maghfiroh, 2012)

baca juga : Cara Gampang Belajar Berwudhu

Menurut Salsabila (2012) belajar dengan melihat (visual) dan mendengarkan (audio) memakai boneka tangan akan sangat membantu perkembangan anak. Orangtua dapat membuat media ini sendiri dari bahan-bahan yang mudah didapat dan harga murah.Berikut alat dan bahan yang diperlukan serta prosedur pembuatan boneka tangan:

Alat dan Bahan:

Kain lembut dan lunak warna-warni mencolok, benang dan jarum, gunting, dakron, pola baju boneka dari kertas.

Cara Membuat:

Gunting kain sesuai pola baju sebanyak dua buah. Jahit kedua sisinya, sambung bagian kepala boneka dengan bajunya.

Beberapa keuntungan penggunaan media boneka tangan untuk bercerita, menurut Madyawati (2014):

  1. Umumnya anak menyukai boneka. Dengan menggunakan media boneka tangan, maka akan lebih menarik perhatian dan minat anak terhadap kegiatan pembelajaran.
  2. Membantu mengembangkan emosi anak. Anak dapat mengekspresikan emosi dan kekhawatirannya melalui boneka tangan tanpa merasa takut ditertawakan dan diolok-olok teman.
  3. Membantu anak untuk membedakan fantasi dan realita.
  4. Anak dituntut belajar memahami benda mati seolah-olah benda hidup dan bersuara.
  5. Bagi seorang guru, media bercerita boneka tangan merupakan media yang sangat bermanfaat.
  6. Membantu guru dalam memahami perbedaan individual anak didik.
  7. Karena bentuk dan warnanya, boneka tangan mampu menarik perhatian dan minat anak.

 

 

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.