Cara Gampang Bikin Media Boneka Jari

Cara gampang buat media boneka jari dapat menjadi salah satu alternatif bagi kamu yang berkecimpung di dunia pendidikan. Boneka Jari (finger puppet) adalah sebuah media yang sangat berguna untuk memperkenalkan binatang-binatang kepada anak. Selain itu, bisa juga digunakan sebagai alat pe-raga bercerita bagi anak. Media boneka jari merupakan media permainan yang sangat cocok dimainkan orangtua dengan anak, mempermudah interaksi dan komunikasi serta melatih kreativitas. Sebuah cerita/dongeng yang disampaikan dengan cara yang menarik tentu akan lebih memikat anak-anak. Acara antara orangtua dan anak pasti akan semakin seru.

baca juga : Cara Gampang Menjadi Guru Sukses (Part 3)

Media boneka jari menurut Risna (2012) adalah maskot mungil yang dipasang pada jari untuk dimainkan saat mendongeng (bercerita). Permainan boneka jari akan sangat menyenangkan dan menarik perhatian anak dalam belajar ataupun kegiatan lainnya. Dengan demikian, media boneka jari akan membuat anak lebih bersemangat dalam belajar.

Tujuan Boneka Jari

Tujuan permainan dengan media Boneka Jari yaitu untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak, mempertinggi keterampilan dan kreativitas anak, serta melatih keterampilan jari jemari tangan. Boneka Jari adalah mainan edukatif yang memberikan manfaat luar biasa bagi orangtua dan para pendidik yang dari segi pembuatannya indah dan dengan bahan yang mudah diperoleh.

Manfaat

Boneka Jari memiliki beberapa manfaat yaitu mengembangkan aspek bahasa, mengembangkan aspek moral/menanamkan nilai-nilai kehidupan pada anak serta mengembangkan daya fantasi (Zaman, 2013). Yosastra (2013) menyatakan bahwa permainan Boneka Jari dapat melatih kemampuan berbahasa, berhitung, dan kecakapan motorik halus.

Langkah pembuatan

Media boneka jari dapat dibuat sendiri mengikuti cara seperti yang dikemukakan oleh Wahyuti (2014), sebagai berikut:

  1. Potong kain flanel seukuran jari tangan. Buat karakter pada bagian kepala, dibuat model binatang atau manusia.
  2. Jahit kedua sisinya.
  3. Pasang mata boneka.
  4. Beri jahitan untuk bagian mulut.
  5. Boneka jari siap dimainkan.

Pada perkembangannya, boneka jari tidak hanya sebagai mainan. Dalam bidang pendidikan, boneka jari mulai digunakan sebagai media pembelajaran dalam membantu mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Cara penyajian boneka jari sebagai media pembelajaran tergantung pada kreativitas guru yang juga disesuaikan dengan kompetensi dasar yang harus dicapai.

 

 

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.