Cara Gampang Fasilitasi Hearing Aids

Cara gampang fasilitasi hearing aids bagi anak tunarungu merupakan usaha yang sangat bermanfaat dan berguna bagi anak. Tidak Lepas dari keterbatasan anak tunarungu, keterbatasannya dapat dimanipulasikan dengan fasilitas alat.

a. Behind the Ear (BTE)

Behind the Ear (BTE) adalah alat bantu dengar yang dipasang pada bagian belakang telinga dan dihubungkan ke lubang telinga yang dipasang tepat di telinga luar. Alat ini menggunakan komponen cetakan telinga dengan silikon vang berfungsi sebagai penjernih suara. Behind the Ear (BTE) dapat digunakan untuk penderita gangguan pen- dengaran kategori ringan sampai dengan kategori berat. BTE memiliki kelcbihan mudah dioperasikan oleh segala jenis usia. Kelemahannya rentan terkena keringat sehingga harus sering dilap. Selain itu, BTE mudah jatuh jika pemakai melakukan gerakan melompat atau berlari.

baca juga:Cara Gampang Pemenuhan Pendidikan Anak

b. In the Ear (1TE)

In the Ear (ITE) atau model dalam telinga adalah alat bantu dengar model dalam telinga. Artinya, dalam penggunaan- nya, alat harus dimasukkan ke telinga. Alat ini saat dipasang tidak tampak dari luar. Tipe In the Ear (ITE) dapat digunakan untuk penderita gangguan pendengaran kategori ringan sampai dengan kategori sedang. Alat ini memiliki kelebihan, yaitu ukuran yang relatif kecil sehingga tidak tampak dari luar. Selain itu, alat ini meng- gunakan cetakan sel akrilik untuk menentukan bentuk liang telinga luar sehingga bisa melakukan pengepasan ukuran telinga. Kekurangannya tidak cocok untuk anak-anak karena earmould sedikit lebih besar daripada ukuran anak.

c. In the Canal (1TC)

In the Canal (ITC) adalah alat bantu dengar bentuk kanal yang prinsipnya sama dengan tipe ITE, yaitu dimasukkan ke dalam telinga. Alat bantu dengar jenis ITC bentuk dan ukurannya dapat disesuaikan dengan penggunanya. Alat bantu jenis ini relatif berukuran kecil. Kelcbihan alat bantu dengar tipe ITC adalah ukurannya yang kecil membuatnya hampir tidak terlihat oleh semua orang. Tipe ini membuat pemakainya bisa mendengarkan suara-suara dengan cukup jernih atau tanpa noise. Kekurangannya adalah semakin besar anak alat akan lebih longar karena lubang telinga mengalami pertumbuhan. Alat ini juga memiliki risiko kerusakan akibat kotoran telinga.

d. Completely-in-the-Canal (CIC)

Completely-in-the-Canal (CIC) adalah alat bantu dengar yang dilctakkan agak ke dalam liang telinga. Alat ini dapat digunakan untuk penderita gangguan pendengaran kategori ringan sampai dengan kategori sedang. Kelebihan tipe ini lcbih kecil daripada tipe ITE atau ITC sehingga tidak terlihat dan luar. Tipe ini juga memiliki kemampuan menyaring dan mengcluarkan suara yang lebih alami karena dekat dengan gendang tclinga Kekurangannya alat ini tidak direkomendasikan untuk anak- anak. Alasannya anak-anak akan mengalami pertumbuhan liang telinga sehingga kemungkinannya terjatuh semakin besar.

Kclemahan lainnya, adanya gangguan umpan balik terhadap kualitas suara yang masuk ke gendang telinga. Alat bantu dengar membuat anak tunarungu dapat berlatih mendengar baik secara individual maupun secara kelompok. Anak tunarungu yang menggunakan alat bantu dengar diharap- kan memilih suara-suara mana yang diperlukan. Selain itu, dengan bantuan mimik dan gerak bibir dari guru maka anak tunarungu dapat dilatih menangkap arti dari apa yang diucapkan.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.