Cara Gampang Latihan Sirkuit

Cara gampang latihan sirkuit menjadi sebuah cara untuk menjaga kesehatan dan kualitas gerak pada seseorang. untuk memperoleh derajat kebugaran seseorang harus melakukan aktivitas fisik sesuai dengan kemampuannya. Aktivitas fisik dapat berupa aktivitas gerak, latihan atau sebuah rutinitas gerak.

1. Pengertian Latihan Sirkuit

Sistem latihan sirkuit diperkenalkan oleh Morgan dan Adamson pada 1953 di Universisy Leeds di lnggris. Latihan semakin populer dan diakui oleh banyak pelatih, ahli-ahli pendiaid jasmani, dan atlet sebaga suatu sistem latihan vang dapat memperbaiki secara serempak itness keseluruhan dari tubuh, yaitu komponen power, daya tahan, kecepatan, fleksibilitas, mobilitas, ue komponen-komponen lainnya. Bentuk-bentuk latihan dalam sirkuit adalah kombinasi dari semua unsur fisik. Latinaila bisa berupa lari naik-turun tangga, lari ke samping, ke belakang, melempar bola, memukul Dold dengan raket, melompat, berbagai bentuk latihan beban, dan sebagainya. Bentuk-bentuk latinanuya biasanya disusun dalam lingkaran. Oleh karena itu, nama latihan ini disebut latihan sirkuit. Kecerdikan dan kreativitas pelatih/pembina akan dapat mendesain suatu sirkuit yang pailng Cocok untuk cabang olahraga tertentu.

Latihan sirkuit didasarkan pada asumsi bahwa seorang atlet akan dapat mengembangkai kekuatan, daya tahan, kelincahan, dan total fitnessnya dengan cara:

  • Melakukan sebanyak mungkin pekerjaan dalam suatu jangka waktu tertentu.
  • Melakukan suatu jumlah pekerjaan atau latihan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.

2. Cara Melakukan Latihan Sirkuit

Cara gampang latihan sirkuit dalam kebugaran jasmani dengan melakukan circuit training atau latihan sirkuit sebagai berikut.

  • Dalam suatu daerah atau area tertentu ditentukan beberapa pos, misalnya 10 pos.
  • Di setiap pos, atlet diharuskan melakukan suatu bentuk latihan tertentu.
  • Biasanya berbentuk latihan-latihan kondisi fisik, seperti kekuatan, kecepatan, kelincahan, daya tahan, dan sebagainya.
  • Latihan dapat dilakukan tanpa atau dengan menggunakan bobot/beban.
  • Bentuk-bentuk latihan pada setiap pos adalah: lari zıg-zag pull-up, lempar bola medicine, squat jump, naik turun tambang, press, squat thrust, rowrng, dan ları 200 meter secepatnya.

Dalam melakukan setiap bentuk latihan sirkuit, guru/pembina dapat menentukan variasi-variasi sebagai berikut.

  • Harus dilakukan sekian repetisi,
  • Harus melakukan sebanyak mungkin repetisi dalam waktu, misalnya, 15 detik
  • Dapat ditetapkan apakah setelah setiap bentuk latihan masa ada istirahat (misalnya 15 detik) atau tidak.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.