Cara Gampang Membuat Bedeng Pesemaian Cabai

Cara gampang membuat bedeng pesemaian cabai merah merupakan langkah untuk menyiapkan pembibitan. Proses pembibitan diawali dengan membuat lahan sebagai area pembibitan. Kualitas tumbuh bibit tidak hanya terpengaruh oleh jenis cabainya, tetapi juga dipengaruhi oleh kualitas lahan bedeng tersebut.

1. Bedeng Pesemaian Cabai Merah

Sebelum membuat bedeng pesemaian, perlu kalian ketahui bahwa tanah pasir memiliki sifat mudah menyerap air. Selain itu, tanah pasir mudah kering oleh sinar mata- hari. Untuk menahan air tidak dapat menggunakan plastik karena bila menggunakan plastik maka air tidak dapat me acan. Hal ini akan mengakibatkan tanaman tidak sehat atau busuk.

baca juga:Cara Gampang Bercocok Tanaman Peria Ayam

Tanaman di lahan pasir memerlukan air yang tidak cepat meresap ke dalam tanah. Salah satu bahan untuk menahan air adalah pupuk kandang. Selain sebagai pena- han air, pupuk kandang juga berfungsi sebagai penggem- bur dan penyubur tanah.

Pembuatan bedeng pesemaian dapat dilakukan pada lahan yang mempunyai tanaman pelindung. Kecambah cabai merah tidak tahan terhadap sinar matahari secara langsung. Kebun sekolah kalian mungkin cocok untuk pe- nyemaian ini. Biasanya kebun sekolah tidak terlalu panas karena sudah ditanami tanaman pelindung.

2. Cara Gampang Membuat Bedeng Pesemaian

Sediakan alat dan bahan sebagai berikut.

  • :cangkul, ember, dan meteran.
  • Alat
  • pupuk kandang kering 6 kg.

Bahan

Setelah semua siap, ikutilah langkah-langkah berikut:

  1. Ambillah pupuk kandang kering dengan ember, Kemudian taburkan pupuk kandang tersebut pada lahan yang tersedia
  2. Campurkan pupuk kandang dengan cara membolak-balik tanah dengan cangkul.
  3. Membuat Bedeng Pesemaian
  4. Pembuatan bedeng pesemaian untuk tanah pasir cukup dengan cara meratakan pasir, kemudian dibuat petak herukuran 3 x 1 meter dengan cara membuat garis di atas pasir. Jika menghendaki bedeng pesemaian lebih dari satu maka jarak antarbedeng pesemaian (dalam bahasa Jawa disebut larenan) selebar 75 cm untuk lahan krokos dan 65cm untuk pasir linet.
  5. Tinggikan pasir pada tepi bedeng pesemaian setinggi 5 cm dengan lebar 5 cm untuk menahan air jika be-” deng pesemaian disiram.
  6.  Bedeng pesemaian sudah siap untuk menyemai bibit cabai merah

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.