Cara gampang Menanam Pisang

Cara gampang menanam pisang menjadi solusi bagi petani dalam memenuhi permintaan pasar. Pisang menjadi buah yang banyak dicari oleh masyarakat. Pisang bisa dijadikan makanan olahan maupun untuk dimakan langsung. Adapun proses penanamannya sebagai berikut:

Menentukan lokasi tempat penanaman pisang

Pilihlah tempat-tempat yang tak mudah tergenang air, karena tanaman pisang tidak banyak memerlukan air, sebab pada batang semu pisang sudah terdapat lubang-lubang kecil yang berisi air. Bila di daerah persawahan, tempatkan pada pematang-pematang atau pada tanggul-tanggul yang agak tinggi.

Tempat yang paling baik untuk penanaman tanaman pisang adalah dipilih tanah yang banyak mengandung humus, dan mendapat sinar matahari disepanjang hari.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan lubang tanam, antara lain :

  1. Pengaturan jarak pembuatan lubang tanam satu dengan yang lain antara 4 m sampai 6 meter.
  2. Membuat lubang-lubang, yang setiap lubang berukuran panjang 60 cm, lebar 60 cm dan dalamnya 50 cm.ng
  3. Apabila di dalam lubang terdapat beberapa akar dari pohon lain, supaya diputus, agar nantinya tidak mengganggu pertumbuhan pisang.
  4. Tanah penggalian tadi supaya diangkat ke bibir lubang. Bila bibit pisang sudah akan ditanam, sebaiknya tanah tersebut dicampur denganpupuk kandang
  5. Bila lubang-lubang sudah dibuat, masukan sampah-sampah di sekitarnya ke dalam lubang, lalu ditimbun dengan tanah secukupnya dan dibiarkan beberapa saat.

Akhirnya akan menjadi pupuk kompos yang berguna bagi kesuburan tanaman pisang.

Jenis-jenis pisang

Jenis pisang ada 3 macam yaitu :

  1. Pisang yang buahnya sudah matang dapat kita makan begitu saja, jumlahnya agak banyak. Contohnya : Pisang raja, pisang ambon, pisang susu, pisang barangan dan sebagainya.
  2. Jenis pisang yang buahnya sudah matang, tetapi masih harus dimasak dulu, juga jumlahnya agak
    banyak. Contohnya : pisang tanduk, pisang kepok, pisang gambleng (pisang rojo lendang)
  3. Jenis pisang yang buahnya dapat digunakan sebagai obat tradisional secara sederhana, yaitu pisang biji atau pisang kluthuk.

Cara gampang menanam pisang dan teknik penanamannya:

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penanaman bibit batang pisang antara lain:

  1. Penanaman tanaman bibit batang pisang. sebaiknya dilaksanakan pada awal musim penghujan
  2. Masukan bibit pisang kedalam lubang yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Timbunlah lubang tersebut dengan tanah galian yang sudah dicampur dengan pupuk kandang, lalu padatkan tanah timbunan tersebut, supaya bibit batang pisang tadi tidak mudah rebah
  3. Bila tak ada hujan maupun pengairan, siramlah timbunan tadi dengan air secukupnya pagi dan sore sampai tanaman pisang sudah tumbuh dengan baik.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.