Cara Gampang Menentukan Topik Sendiri

Cara gampang menentukan topik sendiri dalam penyusunan karya ilmiah dapat dilakukan melalui beberapa metode. Jika Anda bebas menentukan sendiri untuk tulisan Anda, cobalah salah satu metode penentuannya berikut ini:

baca juga:Cara Gampang Bikin Pendahuluan

Pertama

Tulis apa pun yang ingin Anda tulis mengenai topik yang Anda pilih selama dua puluh menit tanpa henti. Misalnya, Anda ingin menguraikan tentang otomatisasi perkantoran, dan hal pertama yang ingin Anda ketahui adalah mengenai pengertiannya. Maka, mulailah mencoba menuliskan pengertiannya tersebut, seperti yang dimaksud dengan otomatisasi perkantoran adalah salah satu usaha untuk meningkatkan efisiensi pelaksanaan pekerjaan dengan memanfaatkan teknologi dan seterusnya.

Tulis terus tanpa henti apa pun yang terlintas di benak Anda mengenai otomatisasi perkantoran tersebut. Jangan dulu hiraukan masalah ejaan, tanda baca, tata bahasa atau bahkan maknanya, yang penting tulis apa saja yang ingin Anda tulis. Setelah dua puluh menit berhenti, kemudian baca apa yang telah Anda tulis tersebut. Garis bawahi apa pun yang Anda temukan menarik atau bahkan membuat Anda tercengang. Sekarang, tulislah hal-hal yang menarik atau mencengangkan tersebut selama sepuluh menit tanpa henti. Ketika selesai, biasanya tanpa disadari Anda telah menemukan topik yang ingin Anda kembangkan lebih lanjut dalam tulisan.

Kedua

Amati konflik yang pernah terjadi. Pada umumnya konflik memperkaya pengalaman hidup kita. Cobalah Anda ingat kembali suatu kejadian yang tidak menyenangkan, misalnya saat Anda diminta untuk mengerjakan sesuatu yang tidak Anda sukai. Kapan dan di mana hal itu terjadi? Bagaimana sikap Anda saat itu? Bagaimana perasaan Anda terhadap orang yang memberi tugas tersebut? Apa hikmah yang Anda peroleh dari kejadian tersebut? Mengajukan pertanyaan-pertanyaan seperti ini dan mencoba menjawabnya, akan membantu Anda untuk berpikir lebih jauh tentang pengalaman-pengalaman tersebut sampai Anda menemukan sesuatu yang ingin Anda telusuri lebih mendalam. Demikian pun pada saat Anda menentukan topik untuk tulisan, cara seperti ini dapat dimanfaatkan untuk menelusuri masalah yang sesungguhnya ingin Anda tulis.

Ketiga

Pilih topik yang ingin Anda ketahui lebih mendalam. Pertahankan rasa ingin tahu Anda. Selidikilah masalah yang menarik bagi Anda. Ketika Anda mulai menelusuri masalah tersebut, tanpa disadari akan ada rasa ingin berbagi pengetahuan dan informasi dengan orang lain mengenai masalah yang Anda pikirkan tersebut. Coba cari hal-halyang tak terduga ini akan menarik minat pembaca untuk yang tidak terduga dari topik yang Anda bahas tersebut. Biasanya membaca tulisan Anda lebih jauh lagi.

Dengan kata lain, pemilihan informasi yang baru, yang belum pernah diketahui sebelumnya, topik harus dilakukan secara selektif agar pembaca memperoleh bukan topik yang sudah kedaluwarsa. Apabila mereka disodori tulisan dengan topik yang up to date maka keingintahuan mereka akan informasi terkini dapat terpuaskan lewat tulisan Anda. hal ini menjadi sebuah Cara gampang menentukan topik.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.