Cara Gampang Merumuskan Tujuan Karya Ilmiah

Cara gampang merumuskan tujuan karya ilmiah dapat terjadi pada awal penulisan. Apa yang Anda harapkan dapat diketahui atau dilakukan oleh pembaca setelah membaca tulisan Anda. Apabila Anda dapat menjawab pertanyaan tersebut, artinya Anda telah menentukan tujuan dengan baik (Brusaw, et all, 1982).

Pada umumnya penulis pemula merumuskan tujuan penulisan karya tulis ilmiahnya dalam kalimat yang terlalu umum atau terlalu luas. Artinya, dengan membaca rumusan tujuan tersebut para pembacanya tidak bisa membayangkan apa yang akan dipaparkan penulis dalam karya tulisnya tersebut.

baca juga:Cara Gampang Edit Kutipan Mendeley

Perhatikan tujuan berikut. “Menjelaskan otomatisasi perkantoran”.

Jika kita cermati rumusan tujuan tersebut maka kita tidak tahu persis apa yang akan diuraikan oleh penulis. Apa yang menjadi fokus perhatiannya dari sekian banyak hal atau aspek yang berkaitan dengan otomatisasi perkantoran juga tidak jelas.

Apakah mengenai pengertiannya ataukah tentang kelebihan dan kekurangannya. Ataukah tentang kendala-kendala yang bakal dihadapi jika otomatisasi perkantoran tersebut diterapkan. Ataukah mengenai kesiapan tenaga Sumber Daya Manusia (SDM) yang berperan dalam otomatisasi dan rumusan sebagainya.

Dengan rumusan tujuan semacam itu akan dihasilkan beragam tulisan mengenai otomatisasi perkantoran. Jika rumusan seperti itu, diikuti dengan konsisten maka akan memaksa penulisnya untuk menguraikan segala hal tentang otomatisasi perkantoran, dan karya ilmiah. Seperti itu akan menjadi tulisan yang sarat dengan isi dan memerlukan uraian panjang lebar tentang segala hal yang berkaitan dengan otomatisasi perkantoran atau jika tidak.

Demikian maka penulis akan terjebak hanya menuliskannya secara superfisial atau hanya mengenai kulitnya secara dangkal tentang permasalahan yang dimaksud. Apalagi tanpa pernah berhasil mengupas isinya secara mendalam. Masalahnya sekarang adalah apakah perumusan tujuan semacam itu sudah benar untuk suatu karya tulis ilmiah.

Menulis karya ilmiah memerlukan penelusuran yang mendalam tentang apa yang akan ditulis. Siapa yang akan membaca tulisan tersebut dan cakupan bahasannya sampai di mana. Oleh sebab itu, rumusan tujuan yang jelas dan tepat menjadi sangat penting untuk dapat menghasilkan karya tulis ilmiah yang terfokus bahasannya. Bagaimana caranya membuat rumusan tujuan yang jelas dan tepat

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ikutilah tips berikut ini:

Pertama

coba atau usahakan merumuskan tujuan dalam satu kalimat yang sederhana.

Kedua

ajukan pertanyaan dengan menggunakan salah satu kata tanya; apa, apa sebabnya, mengapa atau bagaimana, dan sebagainya terhadap rumusan tujuan yang Anda buat tersebut.

Ketiga

jika Anda dapat menjawab dengan pasti pertanyaan-pertanyaan yang diajukan, berarti rumusan tujuan yang Anda buat sudah cukup jelas dan tepat.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.