Cara Gampang Mengatur Waktu Makan

Cara gampang mengatur waktu makan dapat orang lakukan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Kebutuhan setiap orang memiliki variasi dan perbedaan yang sangat mencolok. Sehingga kehidupan setiap individu tidak dapat disamakan dengan kehidupan indovidu lainnya. pemilihan makanan juga harus memperhatikan waktu dan kapan makanan tersebut untuk dikonsumsi. Ada pula makanan yang tidak bisa dikonsumsi dalam waktu yang bersamaan atau berdekatan. Selain untuk menjaga kesehatan, pengaturan waktu makan juga akan meminimalisir terjadinya penyakit maag dan tipes.

Tubuh manusia bukanlah robot yang dapat bekerja setiap saat. Sehingga seseorang harus mampu memngatur pola hidupnya dengan baik. Hal in bertujuan agar manusia dapat meraih kesehatan dengan pemenuhan kebutuhan gizinya. Cara gampang mengatur waktu pola makan salah satunya dengan mempertimbangankan kerja tubuh dalam metabolisme. Tubuh manusia melakukan metabolisme dengan cara menyerap dan membuang zat-zat yang tidak berguna bagi tubuh. Pembuangan zat-zat yang tidak berguna terjadi pada waktu dan tempat tertentu.

baca juga:Cara Gampang Mengantisipasi Penyakit Menular

Proses penyerapan dan pembuangan zat-zat tersebut adalah sebagai berikut:

1. Pembuangan zat-zat yang tidak berguna atau beracun di bagian sistem antibodi, tepatnya di kelenjar getah bening. Proses ini terjadi pada pukul 12.00-23.00.

2. Pembuangan zat-zat yang tidak berguna atau beracun di bagian hati. Proses ini terjadi pada pukul 23.00-01.00.

3. Pembuangan zat-zat yang tidak berguna atau beracun di bagian empedu. Proses ini terjadi pada pukul 01.00-03.00.

4. Pembuangan zat-zat yang tidak berguna atau beracun di bagian paru-paru. Proses ini terjadi pada pukul 03.00– 05.00. Bagi penderita batuk kronis akan mengalami gangguan batuk-batuk di waktu tersebut.

5. Pembuangan zat-zat yang tidak berguna atau beracun di bagian usus. Proses ini terjadi pada pukul 05.00–07.00. Hal inilah yang sering menyebabkan buang air setelah bangun tidur.

6. Penyerapan gizi makanan di usus kecil. Proses ini terjadi pada pukul 07.00-09.00. Tubuh memerlukan asupan makanan di pagi hari. Sarapan pagi sebelum pukul 07.30 sangat baik untuk kesehatan.

Setiap orang harus pintar-pintar memilih menu makanan yang baik dan makan secara teratur untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Dengan begitu, proses metabolisme di dalam tubuh pun menjadi lancar sehingga tubuh tidak akan mudah terserang penyakit.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.