Cara Gampang Mengenal Bahaya Rokok

Cara Gampang Mengenal Bahaya Merokok bagi Tubuh Banyak orang mengatakan bahwa rokok merupakan pintu gerbang narkoba. Mengisap rokok sama artinya dengan memakai narkoba. Pernyataan ini cukup beralasan. karena rokok sama adiktifnya dengan narkoba. Artinya, baik rokok maupun narkoba sama-sama memberi efek ketergantungan bagi tubuh.

Sekali saja orang mencoba rokok maka zat adiktif pada rokok akan membuat seseorang susah untuk meninggalkannya. Makin seseorang kecanduan rokok, makin besar pula risiko kerugian yang dialami. Kerugian paling besar ialah munculnya berbagai gangguan kesehatan pada tubuh perokok (perokok aktif) dan bukan perokok (perokok pasif).

Kandungan Nikotin

Gangguan kesehatan tersebut disebabkan oleh asap rokok. Asap rokok mengandung nikotin yang dapat diserap tubuh. Nikotin yang dapat diserap tubuh sekitar 2 mg. Jumlah tersebut sudah cukup mengganggu saluran pernapasan perokok. Gangguan terhadap saluran pernapasan akibat rokok, di antaranya batuk, iritasi hidung, bronkitis kronis, dan pneumonia.

baca juga : Cara Gampang Mengenal Bahaya Minuman Keras

Rokok juga mengandung bahan-bahan kimia bersifat karsinogenik. Rokok memicu berbagai macam penyakit kanker. Tidak semua perokok berpotensi mengidapnya. Hanya perokok yang peka terhadap kanker yang berpotensi mengidapnya. Namun, lebih dari 906 penderita paru-paru ialah perokok berat. Kebiasaan merokok juga akan memicu penyakit jantung koroner. Risiko penyakit jantung koroner terjadi 2—4 kali pada perokok dibanding dengan bukan perokok.

Risiko ini dapat meningkat seiring dengan bertambahnya usia dan banyaknya rokok yang diisap. Masih banyak lagi gangguan kesehatan yang mungkin dialami oleh seseorang yang memiliki kebiasaan merokok. Bahkan, tidak hanya perokok itu sendiri yang dirugikan akibat kebiasaan merokoknya. Orang lain yang berada di dekat perokok pun dapat menerima dampaknya. Dampak yang diterima hampir sama, yaitu terganggunya kesehatan tubuh. Oleh karena orang-orang terdekat ikut merasakan bahaya rokok, kebiasaan merokok perlu dihindari sejak dini.

baca juga :

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.