Cara Gampang Mengenal Salak Pondoh

Cara gampang mengenal salak pondoh merupakan cara untuk mempromosikan salak pondoh. Akan tetapi, keistimewaan salak pondoh menyebabkan pencarian salak pondoh dapat mudah diperoleh.

Keistimewaan Salak Pondoh

Buah salak pondoh rasanya enak meskipun buahnya belum masak sekali. Rasa buah salak ini beraneka ragam, ada yang seperti buah lengkeng, nanas, apel, dan pepaya yang masih mangkal. Dikatakan salak pondoh karena ben- tuknya seperti pucuk kelapa yang masih terbungkus pelepah atau pondoh.

baca juga:Cara Gampang Bercocok Tanaman Peria Ayam

Ciri-ciri Tanaman Salak Pondoh

Cara gampang mengenal tanaman salak pondoh adalah tanaman yang berduri pada pelepah daunnya. Buah salak pondoh ini berwarna cokelat kehitam-hitaman. Pada bagian luar kulit salak pon- doh tersusun lapisan seperti sirip yang teratur. Tanaman salak pondoh ini berbuah putih dan terdiri dari tiga lapis buah dalam satu buahnya. Pada bagian dalam daging buah terdapat biji yang dinamakan kentos.

Jenis-jenis Salak Pondoh

Berdasarkan bentuk dan warna kulitnya, ada beberapa jenis salak pondoh. Hal ini disebabkan adanya perkawinan silang secara alami melalui angin dan serangga. Jenis salak pondoh seperti tersebut di bawah ini.

  • hitam, kulitnya paling gelap dibanding salak pondoh lain, sedangkan bentuknya paling bulat.
  • Salak pondoh merah, kulitnya merah kecokelat cokelatan dan bagian ujungnya berwarna agak gelap.
  • merah hitam, kulitnya berwarna merah kehitam-hitaman.
  • merah kuning, kulitnya kuning keme rah-merahan.
  • kuning, kulitnya kuning kecokelat- cokelatan.

Syarat Tumbuh

a. Tanah

Tanaman salak pondoh dapat dikembangkan pada tanah berpasir atau lempung berpasir. Namun tidak tertutup kemungkinan salak pondoh ditanam pada sem- barang jenis tanah, terutama tanah yang subur, gembur, dan banyak mengandung bahan pupuk alami. Perakaran salak pondoh termasuk dangkal sehingga pola perairannya harus diolah sebaik mungkin. Kondisi tanah harus dibuat basah, tetapi jangan sampai ada air yang tergenang.

b. Iklim

Salak pondoh dapat tumbuh dengan baik pada suhu sekitar 20-30 derajat celcius. Suhu yang lebih rendah dari 20 derajat celsius biasanya akan memperlambat pembuah- an salak pondoh. Sedangkan suhu yang terlalu tinggi ber pengaruh buruk terhadap perkembangan buah dan tanaman. Curah hujan yang cukup (dalam 1 tahun, musimn araunya 3 4 bulan) sangat mendukung pertumbuhann anaman salak pondoh.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.