Cara Gampang Mengenali Penyakit Menular

Cara Gampang Mengenali Jenis Penyakit Menular  penting untuk kamu ketahui apalagi di zaman seperti sekarang ini. Manusia hidup secara berkelompok. Kondisi tersebut menjadi peluang bagi penyebaran penyakit menular. Penyakit menular adalah penyakit yang berpindah dari satu orang ke orang lainnya. Penyakit menular beragam jenisnya, mulai dari penyakit menular ringan sampai penyakit menular berat. Kondisi penyakit menular ringan biasanya akan bertahan di tubuh beberapa hari saja dan tidak membutuhkan pengobatan serius. Penyakit menular berat dapat menimbulkan kematian dan penyembuhannya harus melalui pengobatan medis.

Diare dan Mutaber

Diare merupakan penyakit yang ditandai dengan buang air besar lebih dari tiga kali dalam sehari dengan feses yang encer.  Hal dapat menyerang siapa pun. Penyakit berbahaya karena dapat menyebabkan dehidrasi (kehilangan cairan tubuh). Dehidrasi dalam waktu lama menyebabkan seseorang kekurangan gizi, bahkan dapat menimbulkan kematian.

Penyakit diare biasanya ditularkan melalui perantara lalat. Lalat sering hinggap secara berpindah-pindah di tempat-tempat tertentu. Lalat menyukai tempat yang kotor. Tempat kotor yang dihinggapi lalat mengandung banyak bakteri. Bakteri tersebut kemudian dibawa lalat dan dapat hinggap di makanan. Ketika makanan yang mengandung bakteri dikonsumsi maka bakteri akan masuk pada perut sehingga menyebabkan diare. Kondisi ini terjadi apabila seseorang tidak terbiasa menutup makanan.

Penyakit diare yang menular ke tubuh manusia dapat berkembang menjadi muntaber. Bedanya dengan diare, muntaber disertai dengan muntah. Penyakit ini lebih berbahaya dibanding diare. Penderita muntaber akan lebih cepat mengalami dehidrasi karena cairan lebih banyak yang keluar. Tidak heran apabila seseorang yang mengidap penyakit muntaber membutuhkan perawatan medis intensif.

Demam Berdarah

Virus dengue (Dengue hemorrhagic fever) merupakan penyebab penyakit demam berdarah. Penyakit ini sering disebut DBD (demam berdarah dengue). Virus dengue dapat masuk ke dalam peredaran darah manusia melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk ini dapat membawa virus dengue setelah mengisap darah orang yang telah terinfeksi virus tersebut. Selain nyamuk Aedes aegypti, penyakit ini dapat ditularkan melalui transfusi darah dari orang yang menderita demam berdarah.

Malaria

Malaria adalah penyakit menular yang disebabkan oleh parasit yang dikenal dengan nama Plasmodium. Plasmodium adalah bibit penyakit yang merusak sel darah merah. Penyakit ini ditularkan oleh nyamuk Anopheles betina. Kelenjar ludah nyamuk Anopheles betina mengan| dung Plasmodium.

Tifus

Tifus atau sering disebut tipes merupakan penyakit menular akibat infeksi bakteri yang menyerang usus. Bakteri yang dimaksud ialah Salmonella typhii. Bakteri ini senang hidup di tempat-tempat yang kotor, seperti air kotor, makanan yang tercemar, dan ruangan kotor.

Penularan bakteri Salmonella thypii dapat terjadi melalui makanan, jari tangan atau kuku, lalat, muntahan, dan feses. . Bakteri tersebut dapat ditularkan melalui lalat di mana lalat akan hinggap pada makanan yang dikonsumsi oleh orang sehat. Bakteri tersebut akan masuk ke lambung, kemudian masuk ke usus halus hingga jaringan limfoid. Di jaringan limfoid tersebut bakteri berkembang biak, lalu masuk ke aliran darah. Penyakit tifus yang telah parah akan menyebabkan komplikasi, bahkan pendarahan pada usus. Jika tidak segera ditangani dengan baik, akan dapat menyebabkan kematian.

baca juga : Cara Gampang Menjaga Rambut & Kulit Kepala

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.