Cara Gampang Mengantisipasi Penyakit Menular

Cara gampang mengantisipasi serangan penyakit menular dapat kamu baca di sini ya. Ingatkah kamu dengan pepatah “Mencegah Lebih Baik daripada Mengobati”?. Pepatah tersebut menyiratkan arti bahwa sebelum kita terkena penyakit, alangkah baiknya kita mencegahnya terlebih dahulu. Hal ini mengingat terserang penyakit tentu sangat tidak mengenakkan. Aktivitas pun akan terhambat saat kita terserang penyakit. Oleh karena itu, langkah-langkah pencegahan dapat dimulai sejak sekarang sehingga kita dapat terhindar dari bakteri atau virus penyebab penyakit. Langkah-langkah pencegahan penyakit dapat diawali dengan cara yang sederhana seperti di bawah ini

1. Membiasakan Cuci Tangan dengan Sabun

Salah satu jalan utama masuknya bibit penyakit adalah melalui tangan. Itulah mengapa mencuci tangan sangat diperlukan. Mencuci tangan sangat penting dilakukan sebelum dan sesudah makan, setelah buang air besar dan buang air kecil, serta sebelum dan setelah beraktivitas. Semakin sering seseorang mencuci tangan, penularan bibit penyakit melalui tangan semakin dapat dicegah. Mencuci tangan harus dilakukan dengan baik dan benar. Mencuci tangan yang baik dan benar adalah dengan sabun dan Gam air mengalir. Sabun mengandung antiseptik sehingga dapat menghilangkan lemak dan kotoran serta membunuh bibit penyakit. Adapun air yang digunakan untuk mencuci tangan Sed adalah air bersih yang mengalir. Kita dapat menggunakan air . keran untuk mencuci tangan. Air yang mengalir akan mencegah lan, kuman menempel kembali akibat gerakan mencuci tangan. In

2. Menggunakan Masker Hidung

Selain melalui tangan, bibit penyakit juga dapat menular karena inhalasi melalui hidung. Oleh karena itu, menggunakan masker hidung diperlukan oleh seseorang ketika berada di tempat-tempat tertentu. Menggunakan masker hidung saat diperlukan dapat membantu menjaga kesehatan paru-paru.

3. MenutupMakanan

Lalat yang terbang ke sana ke mari membawa bakteri. Pada kenyataannya, lalat yang bertubuh mungil mampu membawa sekitar 3.683.000 bakteri. Jenis bakteri tersebut sangat beragam, contohnya bakteri Entamoeba coli dan Staphylococcus. Sebagian besar bakteri yang dibawa adalah bakteri jahat penyebab penyakit menular.

Mencegah penularan bakteri dapat dilakukan dengan menutup rapat-rapat makanan yang telah disajikan di atas meja makan. Menutup makanan akan lebih baik bila menggunakan tudung saji. Dengan cara itu, lalat akan sulit hinggap pada makanan. Menutup makanan dengan tudung saji juga menghindari makanan dari debu.

4. Program 3M

Langkah pencegahan penyakit menular dapat dilakukan gevara terencana dan berkesinambungan. Salah satu caranya jalsh melalui program 3M. Program 3M merupakan akronim dari program menguras, menutup, dan mengubur.

5. Vaksinasi

Vaksinasi disebut pula dengan imunisasi. Vaksinasi adalah pemberian vaksin ke dalam tubuh seseorang. Vaksin biasa diberikan melalui suntikan atau secara oral melalu mulut. Pemberian vaksinasi bertujuan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah diserang penyakit.

Baca juga : Cara GampangMenjaga Kebersihan Pancaindra

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.