Cara Gampang Menyiapkan Topik Karya Ilmiah

Cara gampang menyiapkan topik karya ilmiah harus penulis lalui agar tulisannya dapat terbaca dengan baik. menyiapkan topik yang baik akan menajdikan tulisannya terarah dan memiliki isi yang baik. tahapan langkah dilakukan untuk memperoleh topik yang terbaik.

cara gampang menyiapkan topik melalui langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah bekerja sesuai jadwal. Jalan terbaik untuk mulai menulis adalah mengikuti tahap atau langkah – langkah yang sudah Anda buat. Untuk mencapai sasaran-demi sasaran jangka pendek, dan memfokuskan konsentrasi Anda.

Kedisiplinan dalam mengikuti jadwal ini sangat penting dalam penyelesaian tulisan tepat pada waktunya. Meskipun Anda dapat bekerja secara produktif tanpa henti untuk selama beberapa jam atau Anda dapat mempercepat pekerjaan penulisan, namun Anda juga harus siap jika pada suatu ketika Anda mengalami penurunan konsentrasi atau kebuntuan berpikir.

baca juga:Cara Gampang untuk Download Video di YouTube

Pada dasarnya, hal terpenting yang harus dipikirkan oleh seorang penulis karya ilmiah pada tahap persiapan ini adalah pemilihan topik. Untuk memperoleh topik yang diinginkan, sesuai dengan tujuan penulisan maka hal-hal yang patut dipertimbangkan pada saat memilih topik untuk tulisan ini adalah menentukan topik/masalah, (2) mengidentifikasikan pembaca tulisan, dan (3) menentukan cakupan materi tulisan.

Penentuan Topik

Menentukan topik untuk karya ilmiah dalam berbagai hal menyerupai pemilihan topik untuk karangan bebas. Namun demikian, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan pada saat menentukan topik untuk karya ilmiah ini. Sebagaimana dijelaskan dalam modul terdahulu, dalam penulisan karangan bebas, lebih-lebih tulisan fiksi, penulis bebas berfantasi, bebas menentukan siapa calon pembacanya dan bebas pula menentukan cakupan cerita yang akan dituturkannya.

Tidak demikian halnya dengan penulisan karya tulis ilmiah. Penulisan karya ilmiah harus mengikuti kaidah kebenaran dalam isi, metode kajian, serta tata cara penulisannya yang bersifat keilmuan. Salah satu cara untuk memenuhi kaidah tersebut adalah dengan melakukan pemilihan topik yang jelas dan spesifik. Pemilihan topik untuk karya tulis ilmiah dapat dilakukan dengan cara merumuskan tujuan, menentukan topik , dan melakukan penelusuran terhadap topik tersebut. Dengan melakukan ketiga cara tersebut maka akan diperoleh rumusan topik atau permasalahan yang jelas dan spesifik.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.