Cara Gampang Merawat Hidung

Cara gampang merawat hidung harus orang lakukan pada kehidupan sehari-hari. Hidung merupakan organ pernapasan. Hidung memiliki rongga untuk keluar masuk udara. Rambut-rambut halus di dalam rongga hidung berfungsi menyaring udara yang masuk ke dalam hidung. Debu dan kotoran yang masuk akan terhalangi dan tertinggal di sekitar lubang hidung dan menjadi kotoran hidung

Hidung memiliki beraneka ragam bentuk. Namun, bentuk hidung tidak memengaruhi fungsinya sebagai organ pernapasan. Selain sebagai organ pernapasan, hidung memiliki fungsi yang lain, yaitu pengaturan suhu dan kelembapan udara, penyaring udara, indra penciuman, dan membantu proses bicara. Hidung mempunyai fungsi yang penting sehingga harus selalu dirawat dengan baik.

Beberapa cara merawat hidung agar tetap sehat adalah sebagai berikut.

1. Membersihkan hidung secara rutin dengan menggunakan kapas yang bersih.

2. Menutup hidung jika udara di sekitar kotor, misalnya ketika ada asap rokok, debu, atau bulu binatang.

3. Tidak mencabuti bulu hidung.

4. Tidak memegang hidung dengan tangan yang kotor.

Hidung dapat terserang penyakit apabila tidak dijaga kebersihannya. Beberapa penyakit hidung, antara lain sinusitis, influenza, polip, dan mimisan.

baca juga:Cara Gampang Mengantisipasi Penyakit Menular

Sinusitis adalah peradangan pada daerah sinus. Sinus adalah rongga-rongga di sekitar hidung yang mengalirkan lendir ke rongga hidung. Gejala sinusitis berupa pilek yang ber

langsung lama, pendengaran berkurang, demam, ingus terus mengalir, kehilangan nafsu makan, dan indra penciuman men jadi lemah. Sinusitis umumnya disebabkan oleh kuman.

Flu atau influenza merupakan penyakit infeksi akut saluran pernapasan. Influenza ditandai oleh demam, menggigil, sakit otot, sakit kepala dan sering disertai pilek, sakit tenggorokan, serta batuk nonproduktif. Lama sakit influenza sekitar 2–10 hari dan biasanya sembuh sendiri. Influenza disebabkan oleh virus influenza.

Polip adalah pembengkakan di kulit hidung bagian dalam. Daerah yang membengkak berisi cairan berwarna putih keabu-abuan. Gejala penyakit ini ditandai dengan hidung tersumbat, hidung berair, sakit kepala, dan berdasarkan pemeriksaan terdapat pembengkakan di dalam hidung. Bentuk plip mengerupai buah anggur yang berwarna keabu-abuan. Polip disebabkan oleh alergi dan infeksi. Polid dapat disembuhkan melalaui operasi.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.