Cara Gampang Pengobatan Radang Telinga

Cara gampang pengobatan radang telinga menjadi hal yang sangat penting bagi seseorang yang mengalami peradangan. Tidak cukup hanya melakukan perawatan sederhana tetapi seseorang harus melakukan perawatan yang baik terhadap kesehatan telinga. Membersihkan telinga dengan cara yang salah dapat menimbulkan penyakit yang cukup berbahaya. Beberapa penyakit yang dapat menyerang telinga, antara lain radang telinga dan tuli. Tidak hanya itu, kesalahan dalam merawat juga dapat menimbulkan gangguan – gangguan kecil yang meresahkan bagi seseorang.

Radang telinga yang umumnya terjadi adalah otitis media (infeksi pada telinga tengah) dan otitis eksterna (infeksi pada telinga luar). Penyebab otitis media adalah infeksi saluran pernapasan bagian atas, seperti batuk, pilek, atau faringitis yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Penyebab lainnya adalah cedera pada bagian gendang telinga. Cedera dapat terjadi karena kecelakaan atau tertusuk benda tajam. Otitis media ditandai dengan demam, muntah, gangguan pendengaran, serta keluar cairan dari telinga. Adapun penyebab otitis eksterna adalah goresan akibat benda-benda atau air yang masuk ke saluran telinga. Otitis eksterna ditandai dengan telinga membengkak, nyeri, serta gangguan pendengaran.

baca juga:Cara Gampang Antisipasi Hindari Narkoba

Cara pengobatan

Cara gampang Pengobatan radang telinga dapat dilakukan oleh dokter dengan memberikan antibiotik yang diminum atau diteteskan. Tindakan pencegahan radang telinga adalah dengan tidak memasukkan benda ke telinga, seperti biji-bijian, kelereng berukuran kecil, atau peluru pistol-pistolan. Benda-benda tersebut dapat menyebabkan dorongan pada gendang telinga dan menekan tulang pendengaran.

Gangguan yang Muncul

Gangguan telinga lainnya adalah tuli atau kurang pendengaran. Tuli dapat dibagi menjadi dua, yaitu tuli konduksi dan tuli persepsi. Kondisi teling yang tuli merupakan kelainan yang terletak antara rongga telinga luar sampai dengan tulang pendengaran stapes. Tuli konduksi dapat ditolong dengan pengobatan atau pembedahan. Adapun tuli persepsi merupakan kelainan antara organ koklea sampai dengan pusat pendengaran di otak. Tuli persepsi sulit diobati.

Kerugian karena Gangguan Telinga

Gangguan pada telinga menimbulkan banyak kerugian. Saat telinga mengalami gangguan, seseorang tidak dapat mendengarkan orang berbicara, mendengarkan musik, dan bergaul dengan baik. Oleh karena itu, kesehatan telinga harus selalu dijaga. Kesehatan telinga dapat dijaga dengan makan makanan bergizi dan pemeriksaan telinga secara rutin.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.