Cara Gampang Orang Tua Jadi Pendidik

Cara gampang orang tua menjadi pendidikan merupakan salah satu tugas yang harus orang tua kuasai. Orang tua adalah pendidik dalam keluarga. Orang tua merupakan pendidik utama dan pertama bagi anak-anak mereka. Dari merekalah anak mula-mula menerima pendidikan. Oleh karena itu, bentuk pertama dari pendidikan terdapat dalam kehidupan keluarga.

Pada hakikatnya orang tua dan anak itu bersatu. Mereka satu dalam jiwa, terpisah dalam raga. Raga mereka boleh terpisan, tetepi Jiwa mereka tetap bersatu sebagai “Dwi Tunggal” yang kokoh bersatu. Kesatuan jiwa orang tua dan anak tidak dapat dipisahkan oleh dimensi ruang, jarak, dan waktu. Tidak pula dapat dicerai-beraikan oleh lautan, daratan, dan udara. Pertalian darah antara keduanya kokoh dalam keabadian.

Rasa cinta dan kasih sayang yang diberikan Allah kepada orang tua secara psikologis mampu membuat orang tua bersabar dalam memelihara, mengasuh, mendidik anak serta memperhatikan segala kemaslahatannya. Barangkalı itulah sebabnya Alur an melukiskan arti anak bagi orang tua dengan ungkapan-ungkapan seperti “perhiasan dunia” (al-Kahfi: 46) dan “penyenang hati” (al-Furqan: 74)

Pendidikan yang diberikan oleh orang tua kepada anaknya bersifat kodrati. Suasana dan strukturnya berjalan secara alami untuk membangun situasi pendidikan. Situasi pendidikan itu terwujud berkat adanya pergaulan dan hubungan saling mempengaruhi secara timbal balik antara orang tua dan anak.

Pentingnya pendidikan dalam keluarga karena Allah swt. memerintahkan agar orang tua memelihara dirinya dan keluarganya agar selamat dari api neraka. Perintah yang antisipatif ini tertuang dalam salah satu firman-Nya yang berbunyi

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah mausia dan batu penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (at-Tahrim: 6)

Tampaknya pendidikan dalam keluarga memiliki nila strategis dalam menunjang keberhasilan pendidikan selanjutnya. Karenanya tugas dan tanggung jawab orang tua dalam mendidik anak tidak ringan. Lebih- lebih dalam konteks pendidikan Islam ke depan. Sekurang-kurangnya beban tanggung jawab pendidikan Islam yang dibebankan kepada orang tua adalah sebagai berikut Memelihara dan membesarkan anak. Ini adalah bentuk yang paling sederhana dari tarnggung jawab setiap orang tua dan merupakan dorongan alami untuk mempertahankan kelangsungan hidup manusia.

Secara rinci cara gampang orang tua jadi pendidik yaitu:

  1. Melindungi dan menjamin kesamaan, baik jasmani maupun rohaniah dari berbagai gangguan penyakit dan dari penyelewengan kehidupan dari tujuan hidup yang sesuai dengan falsalat hidup dan agama yang dianutnya.
  2. Memberi pengajaran dalam arti yang luas sehingga anak memperoleh peluang untuk memiliki pengetahuan dan kecakapan seluas dan setinggi mungkin yang dapat dicapainya. A Membahagiakan anak, baik dunia maupun akhirat, sesuai dengan pandangan dan tujuan hidup muslim.
  3. Pendidikan Islam dalam keluarga tidak harus terbelenggu dalam ketradisionalan. Sudah waktunya bagi orang tua untuk menguasai ilmu- imu cara mendidik yang baik dan profesional, sehingga nantinya diharapkan dapat melahirkan anak yang lebih bermutu dalam penguasaan dan pengamalan ajaran agamanya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.