Cara Gampang Pahami Apa itu Hidroponik

Cara gampang bertanam sayuran sistem tanah sempit (hidroponik) telah lama dikenal oleh suku bangsa Aztek yang hidup di Amerika, yang kemudian sampai sekarang berkembang di Indonesia. Kata hidroponik menurut asalnya dari bahasa Yunani yaitu dari kata hiros yang artinya air dan ponos yang artinya kerja (Heru Prihmantoro dan Novita Hety Indriani, 1996 ). Jadi hidropenik artinya bekerja dengan air.

Maksud bertanam sistem hidroponik adalah bertanam tanpa laha tanah, tetapi hanya dengan wadah/tempat yang sempit, dan beberapa media tanam serta penyiraman air yang cukup banyak yang di tambah unsur-unsur zat makanan yang dibutuhkan (Nutrien). Sebagai pengganti lahan tanah tersebut dapat berupa wadah/tempat dan media. Yang termasuk wadah misalnya: pot, keranjang, polibag, ember plastik, kaleng bekas, potongan bambu yang berlubang dan lain sebagainya. Sedang yang termasuk media antara lain : pasir, kompos, serbuk gergaji, arang, kerikil, gambut, pecahan batu apung, gabus putih, serbuk kelapa dan lain-lain.

baca juga : Cara Gampang Proses Menanam Ala Hidroponik

Batasan jenis tanaman yang dapat dihidroponik tidak jelas, karena sampai sekarang ini, tanaman yang dapat di hidroponik tidak jelas, karena sampai sekarang ini, tanaman yang dapat di hidroponikkan selalu bertambah (Heru Prihmantoro dan Yovita Hety Indriani). Namun tanaman yang telah biasa ditanam dengan sistem ini antara lain : jenis tanaman sayuran, buah-buahan dan tanaman hias.

Keuntungan bertanam dengan sistem hidroponik :

  •  Pada areal/lahan yang sempit dapat diproduksi hasil tanaman yang banyak.
  •  Diperoleh hasil yang bermutu, baik kualitas maupun kualitasnya.
  •  Masa panen dapat diatur.
  •  Tanaman bebas dari gulma
  •  Tanaman jarang terserang hama dan penyakit.
  •  Kesuburan tanah dapat diatur dan terkontrol

Menanam ala hidroponik wajib kamu coba terutama jika kamu memilili lahan yang terbatas. Misalnya kamu yang tinggal di daerah perumahan atau padat penduduk kota biasanya lahan untuk pekarangan atau kebun rumah memang sedikit atau sempit. Menanam cara hidroponik dapat menjadi salah satu pilihan yang dapat kamu lakukan untuk mengisi waktu luang terutama di masa pandemi ini.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.