Cara Gampang Pengolahan Lahan Tanam Tomat

Cara gampang pengolahan lahan untuk menanam tomat ini menjadi panduan bagi petani secara khususnya. Penanaman tomat ini juga dapat ditanam oleh masyarakat umum di rumah.

Cara Pengolahan Lahan Tomat di Pot – Pot Bunga

Sebelum melakukan pengolahan lahan tomat di pot-pot, siapkanlah alat-alatnya. Tanah yang akan diisikan dalam pot, serta pupuk dasarnya. Dalam memilih tanah untuk mengisi pot. Harus dipilih tanah yang mempunyai unsur lengkap. Antara lain, kandungan lumpur, pasir dan humusnya, dan sifat kesuburannya yang baik. Cara gampang pengolahan lahan tomat sebagai berikut:

baca juga:Cara Gampang Bercocok Tanam Bayam

a. Persiapan lahan di pot

Pot yang bagaimanakah yang akan kita pilih? Makin besar pot yang kita pakai makin baik untuk menanam tomat. Karena akar-akar yang panjang akan leluasa menembus tanah. Sehingga tanaman tomat akan dapat menyerap makanan lebih banyak dari dalam tanah. Untuk pot yang kecil dapat dipakai juga, asal dapat menjaga syarat-syarat tumbuhan dapat hidup subur, misalnya kandungan mineralnya, kelembaban-nya, kegemburannya dan harus rajin pengairan-nya. Bila memakai pot yang besar, pengairannya tidak begitu kerap karena tidak lekas kering. Peralatan lainnya, misalnya ember untuk membawa tanah, air, juga cangkul dan cengkrong perlu dipersiapkan, untuk pengambilan tanah.

b. Pengambilan tanah

Kita pilih tanah yang subur. Ialah tanah seperti telah dijelaskan halaman depan, halaman 16 sampai 17 tentang Pemilihan Lokasi. Usahakan tanah tidak mengandung sisa-sisa akar pohon, polusi tanah dan batu-batuan. Yang dimaksud sisa akar ialah akar pohon yang ikut terambil yang masih hidup. Sedang polusi tanah adalah sesuatu yang menyebabkan pengotoran tanah.

c. Pemupukkan dasar

Mengapa kita perlu memakai pemupukan dasar? Pemupukkan dasar sangat penting bagi penanaman tanaman baru. Karena dengan pemupukkan dasar, tanaman baru tersebut segera dapat mengambil zat-zat makanan dari dalam tanah. Yang berupa air dan mineral-mineral Sedang pupuk dasar fungsinya adalah mempersiapkan mineral-mineral tanah lahan. Agar lebih lengkap dan cukup untuk keperluan hidup tanaman. Pemakaian pupuk dasar tidak boleh berlebihan. Karena bila dipakai berlebihan, tanaman tidak tumbuh malah akan layu. Sebab tanaman tomat tidak dapat beradaptasi dengan pupuk dalam dosis tinggi.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.