Cara Gampang Senam Irama dengan Tali

Cara gampang senam irama dengan tali merupakan salah satu nomor dari senam irama. Senam irama merupakan senam yang dilakukan dengan sebuah irama atau untuk keindahan dalam gerakannya. Senam irama menggunakan alat pita  atau tali sebagai berikut:

1). Bahan alat senam irama menggunakan tali

Bahan yang biasa digunakan adalah tali dari sutra, serat manila, nylon atau bahan lain yang garis tengahnya tidak lebih dari setengah inci. Panjang tali diukur dengan cara menyuruh siswa berdiri di atas tali, kedua lengan lurus ke samping setinggi bahu memegang ujung ujung tali. Biasanya panjangnya sekitar 10 sampai 12 kaki. Panjang tali ini penting untuk dapat diayun dari pergelangan tangan dengan teknik yang benar

2) Latihan peregangan senam irama menggunakan tali

Sebelum melakukan latihan senam irama dengan menggunakan tali, terlebih dahulu harus melakukan peregangan dengan tali. Latihan peregangan dengan tali sebagai berikut.

  1. Meregangkan ke belakang kepala (a)
  2. Meregangkan ke samping (b)
  3. Putar badan (c)
  4. Duduk V dengan tali (f)
  5. Meregang punggung atas (g)
  6. Meregang pinggang (h)
  7. Dislokasi bahu (i)
  8. Meregang tungkai
  9. Sit-up (e)

c) Bentuk Latihan Senam irama menggunakan tali

Latihan mengayun tali Dalam melakukan gerakan mengayun, tali dilipat dua dengan menyatuhkan kedua ujungnya. Cara gampang senam irama dalam gerakan mengayun dapat dilakukan dengan satu tangan atau dengan latihan mengayun sebagai berikut:

1. Melingkar ke samping

Berdiri, pegang ujung tali dengan dua tangan di depan bahu kanan. Gerakan: Melingka depan, melingkar belakang, melingkar samping kanan dan kiri, serta lakukan body wave saat tali melingkar ke belakang dan ke atas kepala. Semua gerakan melingkar ini dapat dilakudu sambil berjalan atau langkah tari

2. Melingkar di atas kepala

Berdiri, kedua ujung tali dipegang dengan dua tangan di atas kepala. Lakukan nmega horizontal dengan tali di atas kepala.

3. Melingkar bawah dengan lompatan

Berdiri, kedua ujung tali di tangan kanan di samping kanan. Ayun tali rendah ke sebelah kanan. Sebelum tali mengenai lantai melompatlah dan teruskan gerakan melingkar tersebut (melompat dengan kaki kiri).

4. Tali melingkar dan berubah posisi

Berdiri, ujung tali di tangan kanan di samping kanan. Ayun tali di depan ke samping kiri, teruskan gerakan sambil lengan kanan dibawa ke atas. Tangan kanan ke atas dan pegang ujung tali dengan tangan kiri. Lanjutkan gerakan melingkar ke depan badan. Pisahkan kedua ujung tali, ayun lengan kanan silang ke kiri ke atas kepala dan berakhir dengan tali di belakang badan.

5. Ayunan horizontal

Berdiri dengan kedua kaki terbuka, berat badan ke sebelah kanan, dan tali di tangan kanan di samping kanan. Ayun tali dari kanan ke kiri, dan lengan bergerak mendatar. Bengkokkan lutut dan pindah gerak ke kaki kiri waktu tali berayun ke kiri. Lanjutkan berayun kembali ke kanan, tali masih di tangan kanan, atau ganti tangan ketika tali ke sebelah kiri.

6. Melingkar dan berayun ke samping

Berdiri dengan kaki terbuka ke samping, berat badan ke kanan, dan tali di tangan kanan ke samping. Buat lingkaran di depan badan, mulai turun ke kiri dan buat lingkaran penuh diakhiri ayunan ke kiri bersamaan pindahnya berat badan.

7. Melingkar badan

Berdiri dengan kaki terbuka, berat badan sebelah kiri, kedua lengan ke samping, dan tali di belakang. Bawa tangan kiri ke atas belakang ke sebelah kanan, ayun lengan kanan memotong ke kiri melingkari kepala dan berakhir di posisi semula.

8. Putar, tali diayun mendatar

Berdiri dengan tali di tangan kanan ke samping kanan. Melangkah ke kiri sambil yun tali di depan badan. Pindahkan tali ke tangan kiri dan melangkah dengan kaki kanan, dan ayun tali memutar ke belakang ke tangan kanan sambil memutar.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.